Menu Close

Sejarah Baru: Mahasiswa Politeknik STIA LAN Makassar Menjalani Pengabdian Masyarakat

Makassar – Mahasiswa semester 7 Politeknik STIA LAN Makassar dan Dosen Pembimbing Lapangan berkumpul di pelataran parkir untuk melaksanakan upacara pelepasan dan pemberangkatan mahasiswa untuk menjalani Mata kuliah Pengabdian Masyarakat, Rabu (13/09) . Pada mata kuliah yang lazimnya dikenal dengan istilah Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, mahasiswa dari ketiga program studi akan dibagi ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 5 – 6 orang dan akan tinggal selama 30 hari di beberapa desa yang tersebar di dua Kabupaten, yakni Kabupaten Maros dan Kabupaten Gowa.

Rombongan pertama untuk Kabupaten Maros, pagi ini sudah diterima secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Maros, Bapak Andi Davied Syamsuddin, S.STP., M.Si di Kantor Bupati Kabupaten Maros. Rombongan kedua untuk Kabupaten Gowa akan diberangkatkan minggu depan tanggal 18/09/2023.

Mata kuliah Pengabdian Masyarakat ini bukanlah sekadar kewajiban mata kuliah, melainkan sebuah kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk merasakan dunia di luar dinding kampus dan ruang kelas. Sebab mereka akan bekerja untuk membuat program-program yang dapat memberi dampak kepada masyarakat desa, berdasarkan keilmuan dan pengetahuan yang telah diperoleh selama berkuliah. Selama masa Pengabdian Masyarakat ini mahasiswa diharapkan dapat berinteraksi dengan masyarakat setempat, dan bekerja sama dalam proyek-proyek yang dirancang untuk memberikan manfaat konkret bagi masyarakat tersebut. Momen ini adalah momen di mana teori bertemu praktik, dan proses belajar bertemu dengan kenyataan yang terjadi di lapangan.

Mata kuliah Pengabdian Masyarakat ini juga membawa mahasiswa ke zona yang jauh dari kenyamanan dan rutinitas sehari-hari. Mereka akan dihadapkan pada kondisi yang mungkin berbeda dengan yang mereka alami sebelumnya. Momen ini tentu merupakan tantangan yang memerlukan kedisiplinan, serta kebutuhan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang beragam. Sebuah kesempatan bagi mereka untuk menguji keterampilan, karakter, dan kemampuan kepemimpinan mereka. Harapannya. mahasiswa akan mendapatkan beragam pengalaman yang akan membentuk pandangan mereka tentang masyarakat, kebutuhan sosial, dan potensi perubahan yang bisa mereka bawa ke dunia kerja nantinya agar lebih siap.
Pemberangkatan Pengabdian Masyarkat ini adalah awal dari sejarah baru di Politeknik STIA LAN Makassar.

Selamat kepada mahasiswa Pengabdian Masyarakat yang diberangkatkan hari ini! Semoga perjalanan kali ini penuh dengan pengalaman berharga, dan pencapaian yang membahagiakan. Dan semoga dapat menjadi representasi kampus yang akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat!

Skip to content