Menu Close

Raih Peringkat 2 BKN Award, LAN komitmen Tingkatkan Penyelenggaraan Manajemen ASN

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) meraih peringkat ke-2 Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award Tahun 2023 atas capaiannya dalam Penerapan Pemanfaatan Data  Sistem Informasi dan Computer Assisted Test (CAT) dalam kategori Non Kementerian Tipe Kecil. Pencapaian ini disampaikan dalam Penyerahan BKN Award Tahun 2023 yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan “Monitoring dan Evaluasi Hasil Indeks Norma, Standa, Prosedur dan Kriteria (NSPK) Manajemen ASN Tahun 2023, di Hotel Westin, Jakarta, Senin (4/9).

Penghargaan ini diberikan secara simbolis oleh Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara, Haryomo Dwi Putranto kepada Sekretaris Utama LAN, Dra. Reny Suzanna, MPPM. perlu diketahui bahwa BKN memiliki kewenangan dalam melakukan pembinaan dan penyelenggaraan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) secara nasional. Dan pada tahun ini BKN kembali memberikan penghargaan bagi Kementerian dan Lembaga melalui penghargaan BKN Award. Penghargaan tersebut diberikan kepada pemerintah pusat yang dinilai berhasil dalam melaksanakan  penyelenggaraan manajemen ASN di lingkupnya masing-masing, termasuk dalam pemanfaatan data dan sistem informasi kepegawaian.

Reni menyampaikan apresiasinya kepada Biro Sumber Daya Manusia dan Umum yang telah berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepegawaian di lingkungan LAN, penghargaan ini merupakan sebuah motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepegawaian khususnya dalam pemanfaatan data dan informasi.

“Penghargaan ini juga merupakan pembuktian LAN atas keberhasilannya menerapkan pemanfaatan data dan informasi kepegawaian pada manajemen SDM aparatur yang diharapkan dapat mewujudkan ASN unggul yang berdaya saing.” lanjutnya.

Sementara itu, Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto menjelaskan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN), bahwa Badan Kepegawaian Negara melalui Kedeputian Bidang Pengawasan dan Pengendalian melaksanakan pengawasan dan pengendalian terhadap implementasi NSPK Manajemen ASN.

“Sebagai bahan monitoring dan evaluasi NSPK, BKN melakukan pendekatan yang bersifat preventif, sehingga harapannya BKN tidak perlu upaya upaya yang agresif ketika instansi sudah berkomitmen menjalankan NSPK manajemen ASN.” Ucap Haryomo dalam sambutannya.

Plt Kepala BKN yang baru dilantik per Juli 2023 ini mengingatkan seluruh ASN untuk menjaga kode etik dan regulasi netralitas ASN dengan berpartisipasi dalam gelaran pesta demokrasi dan mengedepankan NSPK manajemen ASN. Haryomo mengungkapkan ASN memiliki asas netralitas yang diamanatkan dalam UU ASN. Dalam aturan tersebut termaktub bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik. ASN pun diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

Selain sebagai bentuk apresiasi atas komitmen penyelenggaraan manajemen ASN, pemberian BKN Award bagi pengelola kepegawaian di lingkup kategori Kementerian Besar, Kecil dan Non Kementerian Besar dan Kecil ini diharapkan menjadi pemacu peningkatan kualitas pengelolaan ASN, khususnya dalam mendukung sistem manajemen NSPK ASN.

Skip to content