Menu Close

Kick Off RB dan Pertandingan Olahraga, Semarakkan Rangkaian HUT ke-66 LAN

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) telah menyiapkan serangkaian acara yang dilaksanakan guna memeriahkan hari jadinya ke 66 tahun. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan antara lain garage sale, kegiatan donor darah, pertandingan olahraga antar unit kerja, dan pelaksanaan kick off Reformasi Birokrasi (RB). Hari Ulang Tahun LAN ke 66 merupakan sebuah momentum yang penting untuk disyukuri bersama hingga saat ini, masih dapat mendedikasikan diri kepada bangsa dan negara sesuai dengan semboyan organisasi kita “Makarti Bhakti Nagari” yaitu berkarya dan berbakti bagi negeri. Hal tersebut disampaikan Kepala LAN Dr. Adi Suryanto, M.Si, dalam kegiatan yang difokuskan di ASN Corporate University, Pejompongan, Kamis (27/7)

“Saya menghimbau setiap pegawai dapat berpartisipasi aktif dalam setiap rangkaian kegiatan  menyambut HUT ke 66 LAN ini, sebagai upaya memupuk rasa kebersamaan dan kepedulian antar pegawai khususnya di lingkungan LAN Jakarta, melalui kegiatan pertandingan olahraga antar kompartemen contohnya dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani yang merupakan salah satu upaya membentuk ASN berkualitas,” jelasnya.

Adi Suryanto menekankan kegiatan olahraga ini dapat me-recharge semangat setiap pegawai untuk bekerja dengan penuh rasa bahagia, maka setiap pimpinan unit kerja diharapkan dapat membangun sinergitas antar pegawai, sehingga tercipta lingkungan kerja yang harmonis, penuh keakraban dan kekeluargaan antar sesama pegawai.

Sementara itu, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan kick off Reformasi Birokrasi LAN yang baru dan lebih menekankan pada output dan outcome dalam mencapai tujuan reformasi berdampak yang telah dicanangkan pemerintah Presiden Joko widodo ini. Adapun Reformasi Berdampak sendiri antara lain Reformasi Birokrasi yang memiliki dampak pada upaya peningkatan investasi, pengentasan kemiskinan, digitalisasi birokrasi serta program prioritas Presiden yang meliputi penggunaan produk dalam negeri, penurunan stunting dan sebagainya.

“Diakui memang LAN tidak secara langsung mengambil peran dalam reformasi berdampak ini, namun jika kita telaah lebih dalam lagi, kiprah LAN dalam peningkatan kapasitas birokrasi melalui inovasi dan pengembangan kompetensi. Melalui laboratorium inovasi banyak daerah yang berhasil menurunkan angka kemiskinan dan stunting tidak hanya itu saja, hasil inovasi peserta pelatihan kepemimpinan telah melahirkan ide-ide inovasi yang berdampak dalam meningkatkan kualitas pelayanan melalui digitalisasi birokrasi”, tegasnya.

Kepala LAN juga menambahkan, kita patut berbangga hati, saat ini gerakan perubahan dan inovasi yang digagas oleh LAN telah menjamur di kalangan organisasi publik, kiprah LAN dalam membangun negeri dibuktikan dengan banyaknya daerah-daerah yang mendapatkan pendampingan LAN telah berhasil meraih penghargan-penghargaan inovasi tingkat nasional.

“Oleh karena itu, Satu hal yang perlu dicatat adalah pelaksanaan RB LAN yaitu komitmen dan tanggung semua pegawai, untuk terus merapatkan barisan, berkolaborasi, bersinergitas dan jangan pernah lelah untuk membangun negeri, harapannya, pelaksanaan RB tematik LAN semakin meneguhkan langkah kita bersama mewujudkan birokrasi berkelas dunia,” tutupnya.

Adapun beberapa pertandingan yang diselenggarakan antara lain parade tiap kompartemen,  tenis meja, futsal, voli, bulutangkis, dan gaplek. Selain pertandingan olahraga, untuk memupuk rasa kepedulian pegawai LAN juga diselenggarakan kegiatan donor darah. Selain itu juga diadakan Garage Sale untuk masyarakat sekitar Pejompongan, dimana barang-barang dijual merupakan sumbangan dari pegawai LAN dan hasil penjualan 100% didonasikan.

Skip to content