Menu Close

Optimalkan Kebersamaan dan Sinergisitas Anggota, Koperasi Pegawai LAN Selenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT)

Jakarta – Koperasi berdiri dan berangkat dari falsafah kerakyatan Indonesia yang berazaskan tolong menolong dan kekeluargaan sesama anggota. Dengan satu tujuan untuk memajukan anggotanya, koperasi menjadi sebuah lembaga yang bersifat kebersamaan untuk membangun, mengembangkan potensi, berperan dalam meningkatkan kualitas dan memperkokoh perekonomian anggotanya. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum, M. Yusuf Gunawan Idris, S.IP., ME. dalam sambutannya pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Lembaga Administrasi Negara (LAN) Tahun Buku 2022, di Aula Prof. Agus Dwiyanto, MPA. Jalan Veteran, Jakarta, Kamis (22/6).

“Koperasi adalah organisasi yang bertujuan untuk mengusahakan kesejahteraan anggota dengan kekuatan kebersamaan. Kesejahteraan anggota tersebut kerap kali diwakilkan dengan media simpan pinjam dan hal tersebut lekat dengan image koperasi yang memberikan salah satu fasilitas simpan pinjam bagi anggota. Hal tersebut tentunya merupakan salah satu fasilitas dari beberapa fasilitas atau keunggulan program layanan koperasi lainnya yang sifatnya memajukan anggota,” lanjutnya.

Lebih jauh, Yusuf menguraikan bahwa Koperasi LAN telah membuahkan terobosan signifikan dalam kemajuan layanan. Baik dari sisi program-program yang bersifat kebaharuan, sistem yang mutakhir dalam transaksi dan pembayaran, serta semakin bervariasinya jenis dan produk penjualan dan tenant maupun perusahaan yang bekerjasama dengan Koperasi LAN. “Apresiasi bagi pengurus koperasi yang telah berkomitmen untuk menjaga kepercayaan para anggota koperasi. Hal tersebut terlihat dari inovasi yang ada. Variasi produk yang dijual, hal yang signifikan salah satunya adalah kantin di Pejompongan, yang telah dibangun sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna baik internal maupun eksternal. Akhirnya, hal ini diharapkan dapat turut membangun nama baik institusi LAN di tengah stakeholders,” jelasnya.

Kemajuan yang dicapai tentunya bermula dari partisipasi aktif pegawai selaku anggota koperasi baik melalui penyampaian pendapat baik berupa usulan dan masukan yang membangun khususnya pada gelaran RAT, melakukan transaksi melalui koperasi, dan penggunaan layanan atau produk-produk dari koperasi. “Hal-hal besar berangkat dari mimpi yang besar. Dalam hal ini, kita sebagai anggota koperasi juga harus optimis dalam memberikan usulan program yang bersifat futuristik dan berkelanjutan baik melalui investasi yang sifatnya terjangkau sehingga memunculkan usaha dan laba yang progresif dengan tujuan utama memajukan kesejahteraan anggotanya,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir Ketua Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia PKP-RI DKI Jakarta DKI Jakarta, Hj. Syahnaz Rasyid, Ketua Pengawas Koperasi LAN Widhi Novianto, S.Sos., M.Si., Trixsaningtiyas Gayatri, S.Ip., M.Si., serta seluruh para pengurus Koperasi LAN Jakarta yang memaparkan laporan pertanggungjawaban.

Skip to content