Menu Close

Forum KBK Minggu Ini Usung Tema Personal Branding

SAMARINDA – Personal Branding adalah salah satu aspek penting yang dapat mempengaruhi citra organisasi. Citra positif yang ditampilkan oleh para anggota organisasi pastinya akan berpengaruh terhadap citra positif organisasi tersebut. Personal branding memiliki konsep 3W yaitu who you are, what have you done, dan what will you do. Bagaimana caranya agar orang memiliki persepsi yang baik tentang diri kita, dan persepsi itu tertanam serta terpelihara dalam benak orang tersebut, itulah yang akan menjadikan kita memiliki citra positif. Hal tersebut dijelaskan oleh Hendra Wahyudi, SE, salah seorang pegawai di Puslatbang KDOD LAN yang diberikan kesempatan untuk menjadi Narasumber dalam Forum KBK hari ini, Jum’at (23/6) di Ruang Mini Theatre. Dihadiri oleh seluruh pegawai dan PPNPN di lingkungan Puslatbang KDOD LAN, kegiatan ini diberikan judul oleh Hendra “Level Up Yourself”, dengan harapan agar seluruh peserta dapat memanfaatkan materi dalam presentasi ini untuk bisa menaikkan level diri di mata orang lain, sehingga orang lain mengakui eksistensi kita.

Lebih lanjut Hendra menyampaikan bahwa setidaknya terdapat delapan kriteria penting untuk membentuk personal branding yang efektif pada diri kita, yaitu specialization, authority, differentiation, relevan, visibility, persistence, goodwill, dan performance. “Bahkan menurut sebuah penelitian dalam Jurnal Prosiding Manajemen yang ditulis oleh Laraswati pada tahun 2020, personal branding baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karir seseorang” tegas Hendra. “Dari situ kita bisa melihat bahwa sebagai seorang anggota organisasi, selain personal branding itu bermanfaat untuk organisasi, juga bermanfaat untuk diri sendiri” imbuhnya lagi.

Tema kali ini memang cukup menarik sehingga mengundang banyak pertanyaan dan komentar dari para peserta kegiatan ini. Diskusi yang dijalankan juga begitu seru dan mengasyikkan, sehingga tak terasa melebihi waktu yang telah dijadwalkan. (ler/ler)

Skip to content