Menu Close

Selenggarakan Pelatihan Manajemen Talenta Angkatan ke-III, LAN Tingkatkan Potensi ASN dalam Mengelola Talenta

Jakarta – Pusat Pengembangan Kompetensi Teknis Sosio Kultural Aparatur Sipil Negara (Pusbangkom TSK ASN) Lembaga Administrasi Negara (LAN) menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Talenta angkatan ke-III. Pelatihan yang diikuti oleh 33 peserta ini dibuka Deputi Kajian Kebijakan Inovasi Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH, MA di Aula Graha Lt. 3 Makarti Bhakti Nagari, Senin (19/6).

Dalam sambutannya Tri Widodo menyampaikan tujuan utama dari Pelatihan Manajemen Talenta ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam pemerintahan. Tri Widodo menyampaikan bahwa pengelolaan talenta PNS masih perlu perbaikan agar para talenta yang masuk ke dalam pemerintahan dapat bersaing dan mengembangkan potensi mereka secara maksimal. 

“Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman yang mendalam mengenai pengelolaan talenta dan memberikan strategi serta metode efektif untuk mengoptimalkan talenta di lingkungan pemerintah.” ungkapnya.

Sementara dalam laporan penyelenggaraan, Kepala Pusbangkom TSK ASN Isti Heriani menyampaikan kegiatan ini akan berlangsung secara intensif selama empat hari dan diikuti peserta yang berasal dari berbagai instansi pemerintah pusat dan daerah. Peserta akan mendapatkan wawasan mendalam tentang pengelolaan talenta, identifikasi dan pengembangan potensi, serta manajemen kinerja. Pelatihan ini juga  memberikan penekanan pada pentingnya kepemimpinan yang efektif dalam mengelola dan mengembangkan talenta di dalam organisasi pemerintahan.

Salah satu output yang diharapkan dari pelatihan ini adalah adanya rencana aksi konkret dari setiap peserta. Rencana aksi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan talenta di lingkungan kerja masing-masing peserta dan memberikan kontribusi nyata dalam mencapai tujuan pembangunan nasional.

LAN RI terus berkomitmen untuk mengembangkan kompetensi dan potensi PNS melalui pelatihan pelatihan yang berkualitas. Dengan memperkuat pengelolaan talenta di pemerintahan, diharapkan kinerja pemerintah dapat ditingkatkan melalui talenta-talenta ASN yang terkelola dengan baik. Pusbangkom TSK ASN LAN RI bertekad  melalui  pelatihan ini akan dihasilkan  agen perubahan yang kompeten mengembangkan talenta di instansinya  secara optimal dalam mewujudkan birokrasi yang profesional dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. (hn/mus)

Skip to content