Menu Close

Matangkan Empat Klaster RB Berdampak, LAN Susun Road Map Reformasi Birokrasi

Jakarta – Pada dasarnya Reformasi Birokrasi harus berdampak dan mendukung tematik mendukung program Presiden dan disesuaikan dengan pendekatan 8 Area RB kombinasi dengan RB berdampak. Tak terkecuali RB di Lembaga Administrasi Negara, dimana mulai tahun ini mulai dilakukan RB berdampak. Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN, Dr. Muhammad Taufiq, DEA pada Penyusunan Road Map Reformasi Birokrasi LAN, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (10/5).

“Ada empat klaster RB LAN, yang pertama LAN memilih dan mendukung agenda prioritas pemerintah terkait Transformasi Bangkom ASN. Kemudian Transformasi Administrasi Negara, sehingga fungsi-fungsi yang dilakukan terkait inovasi bisa diorganisir pada tema kedua” lanjutnya.

Selanjutnya yang ketiga, untuk mendukung dua tema, ada klaster Manajemen SDM dan Perubahan. Dan yang keempat adalah memperkuat Bisnis Process LAN melalui bidang Internal Business dan Institustional Branding.

“Untuk itu perlu dimatangkan keempat klaster agenda tadi, dua klister inti dan dua klister pendukung. Tim RB LAN yang baru nantinya akan dikelompokkan menurut empat klister tadi. Tim ini merupakan ajang belajar (learning for the future). Dimana nantinya tim akan didampingi oleh coach agar kerjanya terstruktur” lanjut Taufiq.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Dra Army Winarti berpesan agar semangat Tim RB LAN yang baru ini jangan sampai hanya di awal saja. Tetapi terus berkinerja dengan baik untuk mengawal Reformasi Birokrasi di LAN.

“Perlu suatu cara atau treatment khusus agar bisa me-maintenance semangat tim RB ini. Jangan sampai hanya semangat di awal, selanjutnya ketika disibukkan dengan tugas masing masing di unit kerja jadi melemah” lanjut Army.

Selain Penyusunan Road Map Reformasi Birokrasi LAN, dalam acara yang diselenggarakan selama 3 hari tersebut juga dilakukan Penyusunan draft revisi atas Peraturan Kepala LAN tentang Pedoman Perencanaan, Pelaksanaan, Pemantauan, Evaluasi serta Pelaporan Kinerja dan Anggaran, Penyusunan Petunjuk Teknis Evaluasi SAKIP. (humas)

Skip to content