Menu Close

Sarasehan RB LAN: Siap Lanjutkan Perbaikan Tata Kelola dan Wujudkan RB Berdampak

Jakarta – Sejalan dengan penajaman Reformasi Birokrasi (RB) nasional, khususnya terkait penerapan RB Tematik, Lembaga Administrasi Negara (LAN) berkomitmen untuk menindaklanjutinya melalui penguatan RB di tingkat instansional. Berkenaan dengan hal tersebut, Tim RB LAN menyelenggarakan kegiatan Sarasehan RB LAN yang dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri oleh tim RB di tingkat instansional dan kompartemen serta tim penjamin kualitas RB, di Ruang A dan B, Senin (17/04).

Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM dalam sambutannya menekankan akan adanya gelombang perubahan yang akan dilakukan oleh LAN dalam memperbaiki tata kelolanya sehingga dapat memberikan dampak yang berarti bagi masyarakat. “Ke depan hasil evaluasi RB akan tidak hanya dilihat dari bagaimana kita memperbaiki tata kelola di dalam. Tetapi, bagaimana hasil RB kita ini berdampak dan dirasakan masyarakat. LAN memang tidak secara langsung melakukan pelayan publik kepada masyarakat. Tetapi bukan berarti kita tidak bisa mengaitkan RB kita dengan kebijakan RB yang terbaru,” ujarnya.

Lebih lanjut, Reni juga menyampaikan bahwa perubahan yang terjadi tidak hanya terkait dengan RB Tematik yang diarahkan oleh Kementerian PAN dan RB tetapi juga terkait dengan perubahan kelembagaan LAN.

“Yang pertama arahnya akan disesuaikan dengan arah yang digambarkan pada RB berdampak, yaitu memberikan kontribusi kepada 4 fokus yang sudah digariskan dalam RB Tematik. Kedua, akan diarahkan pada arah perubahan kelembagaan LAN. Arah dari pengelolaan RB nanti akan disesuaikan,” jelasnya.

Berkaitan dengan itu, Reni juga menyampaikan harapannya agar seluruh komponen LAN senantiasa tetap bersemangat untuk membuat banyak perubahan terkait dengan tugas dan fungsi yang sudah kita miliki selama ini serta yang akan kita emban dengan kelembagaan baru. Ia berharap bahwa akan semakin banyak pegawai yang berkontribusi terhadap perubahan ini.

“Saat ini kita sedang berproses dalam penguatan RB yang disesuaikan dengan mandat nasional, selain itu akan dilakukan regenerasi Tim RB LAN yg lebih menekankan pada keterlibatan pegawai-pegawai muda potensial,” jelasnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak sehingga hasil evaluasi RB dan SAKIP LAN meningkat, terutama untuk RB sudah naik menjadi A”. 

Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi terkait hasil evaluasi RB dan SAKIP LAN serta Penguatan RB LAN ke depan.(humas)

Skip to content