Menu Close

Lantik Pengurus DPP AAKI, Kepala LAN Ajak AAKI Berkolaborasi Tingkatkan Kualitas Kebijakan Indonesia

Jatinangor – Hadirnya jabatan fungsional analis kebijakan diharapkan bisa mengawal mutu dan kualitas kebijakan di Indonesia. Dimana kita ketahui dalam pelaksanaan kehidupan berbangsa bernegara, ditentukan oleh kualitas kebijakan yang ada. Untuk itu menjadi pekerjaan rumah kita bersama untuk terus menerus meningkatkan kapasitas kompetensi para pemangku jabatan fungsional analis kebijakan. Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si pada Pelantikan Ketua Umum dan Anggota Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Analis Kebijakan Indonesia (DPP AAKI) Periode 2023-2028, di Gedung Serba Guna, Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi ASN, Jatinangor, Jum’at (17/3).

“Lalu bagaimana kita meningkatkan kompetensi? Ini tentunya menjadi tanggung jawab yang besar, yang tadinya kami mengelola 400 orang, sekarang kami harus mengelola sekitar 9000 orang analis kebijakan. Tentunya tidak bisa dengan cara-cara yang biasa, kita harus memanfaatkan teknologi informasi dengan maksimal. Kita harapkan cara belajar saat ini dengan berbagai teknologi tentunya membuka kesempatan bagi teman-teman di Pusat Pembinaan Analis Kebijakan LAN dan AAKI untuk berkolaborasi.” Lanjutnya.

Adi Suryanto juga menyampaikan peran analis kebijakan bisa diharapkan lebih maksimal dalam melakukan upaya pengkajian dan analisis suatu kebijakan atau peraturan yang menghasilkan rekomendasi yang kredibel bagi pemerintah, maka kehadiran AAKI sangat strategis dan menjadi wadah kreatif-inovatif para analis kebijakan. AAKI bisa secara terintegrasi, transparan, dan produktif, mengembangkan kerjasama sebagai mitra LAN dalam meningkatkan kompetensi analis kebijakan.

AAKI sebagai mitra LAN ke depan harus berbenah diri menjadi wadah yang kredibel dan berperan lebih aktif, melihat beban tugas LAN dalam membina analis kebijakan yang semakin komplek, maka LAN mendorong AAKI untuk segera membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) analis kebijakan. “LAN akan terus mendorong dan mendukung AAKI dalam pembentukan LSP yang handal dan dapat berperan membantu LAN menciptakan analis kebijakan yang berkompeten, diharapkan pengurus baru dapat segera memproses dan mewujudkannya” sambung Adi Suryanto.

Untuk itu, Kepala LAN berharap DPP AAKI yang baru dilantik ini bisa menjalankan amanah ini, sebagai bagian dari tugas yang kita harus emban. Nantinya AAKI bisa berkolaborasi dengan unit pengembangan kompetensi di LAN, dan juga Kementerian dan Lembaga lainnya.

“Saya punya harapan besar terhadap DPP AAKI untuk membuat sesuatu yang baru. Mudah-mudahan ini menjadi momen kita perbaikan kita kedepannya, mudah mudahan apa yang kita lakukan menjadi bagian amal kita, untuk membenahi kebijakan di Indonesia. Memang dibutuhkan kerja keras. Tapi kalau kita semua berkolaborasi, kebijakan di Indonesia akan semakin berkualitas” tutupnya.

Sejalan dengan harapan Kepala LAN, Ketua Umum AAKI Periode 2023-2028 Trubus Rahadiansyah telah melakukan langkah awal dalam proses persiapan pembentukan LSP tersebut. “Saya dan pengurus AAKI periode 2023-2028 yang baru saja dilantik oleh Kepala LAN, siap mewujudkan harapan beliau. Kami akan segera mengambil langkah-langkah koordinasi dengan pihak LAN sebagai pembina AAKI dan tentunya dengan Badan Sertifikasi Profesi Nasional. Langkah awal kami telah berkomunikasi dengan BSNP terkait apa saja persyaratan dan dokumen yang diperlukan dalam pembentukan LSP Analis Kebijakan. Alhamdulillah pihak BSNP merespon baik dan akan membantu prosesnya” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Utama LAN, Dra Reni Suzana, MPPM, Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, S.H., M.A, Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi, Dr. Muhammad Taufiq, DEA,, Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi, Dr. Basseng, M.Ed serta pimpinan tinggi pratama LAN lainnya.

Adapun DPP AAKI Periode 2023-2028 yang dilantik sebagai berikut:
1. Dr. Drs. Trubus Rahadiansyah, SH, MH, MS, Ph.D (Universitas Trisakti) sebagai Ketua Umum
2. dr. Indra Salahudin, M.Kes, M.M (Pemkab Langkat) sebagai Anggota Dewan Pakar
3. Ir. Zakiyudin, M.A (Kementerian Perindustrian) sebagai Ketua Kelompok Ahli Utama
4. Monalisa Herawati Rumayar, S.Pt, M.Si (Kemenko PMK) sebagai Sekretaris Jenderal
5. Vice Admira Fimaherera, M.P.A (Kementerian Dalam Negeri) sebagai Wakil Sekretaris Jenderal I
6. Amrih Wigati, S.Sos, M.M (Kementerian Koperasi dan UKM) sebagai Wakil Sekretaris Jenderal II
7. Mohammad Yadi Robyan Noor, SE, M.TP (Pemprov Kalimantan Timur) sebagai Bendahara Umum

Skip to content