Menu Close

Bupati PPU Menjadi Narasumber dalam Ceramah Isu Strategis Kepemimpinan Nasional untuk Peserta PKA Angkatan I Tahun 2023

SAMARINDA – “Kinerja merupakan benang merah yang menghubungkan antara aktivitas yang anda lakukan dan keberhasilan atau kegagalan pembangunan daerah” ujar Bupati Penajam Paser Utara Ir. H. Hamdam pada saat memberikan Ceramah Isu Strategis Kepemimpinan Nasional dengan tema Manajemen Kinerja di Organisasi Publik untuk seluruh peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Tahun 2023 di Ruang Auditorium Puslatbang KDOD, Jum’at (10/3).

Hamdam menegaskan bahwa pemimpin memiliki berbagai peran penting untuk mencapai kinerja tinggi organisasi. “Sasaran yang ingin dicapai harus dikomunikasikan dengan baik. Dengan cara apa? Bangun sinergi, cari solusi yang tepat dengan didasari informasi yang akurat” ujarnya. Menurut Hamdam, kredibilitas seorang pemimpin harus dibangun dengan baik untuk mewujudkan manajemen kinerja yang baik pula. Seorang pemimpin dikatakannya harus memiliki sikap yang senantiasa terbuka untuk terus menjadi pembelajar atau learner, agar tidak terjebak dalam pengambilan keputusan yang hanya mengandalkan pengalaman pribadi, tetapi juga terbuka untuk menerima informasi baru yang mungkin saja bertolak belakang dengan yang selama ini diyakininya. “Beberapa aspek yang menjadi kunci sukses dalam manajemen kinerja adalah kolaborasi, keselerasan, dialog kinerja, dan pemantauan mandiri” ujar Hamdam lagi. Oleh karena itu Hamdam mengatakan bahwa untuk membangun manajemen kinerja yang kokoh, organisasi membutuhkan desain struktur organisasi yang berbasis kinerja.

Kepala Puslatbang KDOD LAN Dr. Muhammad Aswad, M.Si dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya karena sebagai salah satu Kepala Daerah yang tentu saja memiliki berbagai kesibukan, mau hadir dan berbagi ilmu serta pengalamannya kepada seluruh peserta. “Semoga ini bukan pertemuan pertama dan terakhir kita. Saya harapkan ke depan makin banyak kolaborasi yang kita lakukan bersama demi membangun negeri ini” tutup Aswad. (ler/ler)

Skip to content