Menu Close

Konsolidasi Kearsipan di Lingkungan Puslatbang KDOD

Samarinda – Kegiatan konsolidasi yang digagas oleh para pengolah arsip, menjadi salah satu ikhtiar untuk mengoptimalkan pengelolaan kearsipan di lingkungan Puslatbang KDOD, Selasa (14/2, ). Dengan demikian, diharapkan terwujud koordinasi dan sinergi dalam penyelenggaraan kearsipan yang lebih optimal. Kegiatan ini sekaligus dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi atas kinerja arsip pada tahun sebelumnya, serta menyusun langkah perbaikannya.
Pada awal arahan Kepala Puslatbang KDOD, Muhammad Aswad, menyampaikan apresiasi kepada pengelola arsip di setiap kelompok fungsi karena telah melakukan perannya dengan baik, sehingga Puslatbang KDOD mendapat nilai pengawasan arsip yang baik. Aswad juga sangat mendukung kegiatan konsolidasi kearsipan internal ini, dan perlu dilakukan secara berkala, agar permasalahan-permasalahan yang dihadapi dapat dilakukan perbaikan dengan segera. Termasuk, inisiasi kegiatan lainnya untuk meningkatkan kapasitas pengelola arsip.
Dua hal yang menjadi fokus diskusi dalam konsolidasi ini adalah tertib arsip dan transformasi digital kearsipan. Dengan terus meningkatkan tertib arsip, maka pengelolaan arsip semakin teratur. Dengan keteraturan tersebut maka akan mempercepat proses pada saat penyelenggaraan kegiatan. Selain itu, transformasi digital kearsipan juga menjadi hal menarik yang didiskusikan, mengingat era digital telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari roda birokrasi. Penerapan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di Puslatbang KDOD perlu diakselerasi, dengan begitu maka arsip dapat diakses dengan mudah dan cepat tanpa terbatas ruang dan waktu.
Pada kesempatan ini pula, Candra Imelda Dewi, Arsiparis Puslatbang KDOD, merefresh kembali kebijakan arsip, menyampaikan informasi (isu) terkini terkait arsip, dan catatan pengawasan arsip di lingkungan Puslatbang KDOD.
Konsolidasi diwarnai dengan diskusi dan saran/masukan yang kontruktif oleh pengelola arsip dan diakhir kegiatan terdapat beberapa catatan perbaikan yang perlu segera ditindaklanjuti oleh seluruh pengelola arsip.
Salam Arsip!
Skip to content