Menu Close

3 HARI BOOTCAMP MENELURKAN 6 RENCANA AKSI INOVASI PERTUMBUHAN HIJAU YANG DIRANCANG ASN MILENNIAL LAN

Bogor – Dengan semangat mencari solusi inovatif berbasis Pertumbuhan Ekonomi Hijau (PEH), para ASN dari beberapa unit berbeda di Lembaga Administrasi Negara (LAN) mengikuti Bootcamp yang merupakan bentuk kerjasama dengan Global Green Growth Institute (GGGI).  Bootcamp dengan tema Green Growth Innovation Bootcamp ini mengangkat 3 isu kehijauan yang merupakan hasil dari survey yang dilakukan di internal LAN sendiri, yakni: isu inovasi digital, isu kehijauan di lingkungan kantor, dan isu sustainable fashion.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari di Hotel Grand Savero Bogor ini dibuka oleh Anastasia Eny Retnoastuti, S.Pd., M.A. sebagai Analis Kebijakan Ahli Madya selaku Koordinator Akademik dan Pembinaan Alumni. Kegiatan ini yang mengumpulkan 25 ASN LAN usia milennial ini menghadirkan pembicara-pembicara yang kompeten di bidangnya. Diawali dengan sesi pitching green ideas yang juga membahas bagaimana cara menstruktur ide dan berpikir kritis, yang dibawakan oleh Andhyta F. Utami (Ekonom Lingkungan dan Pendiri Think Policy). Diikuti dengan sesi yang menjawab tiga isu utama di Bootcamp ini, di bidang inovasi digital, peserta dibekali ilmu oleh Deddy Huang (Master Instructor Digital Marketing di SkillAcademy); Untuk Isu Kehijauan di Lingkungan Kerja oleh Pranandya Wijayanti (Solid Waste Engineer dari SMEC); dan Isu Fesyen berkelanjutan oleh Hana Surya (Pendiri Threadapeutic).

Sesi-sesi inspiratif yang diterima, ditindaklanjuti dengan pembuatan draft rencana aksi di hari kedua dan diikuti pemaparan rencana aksi di hari terakhir. Tiga kelompok yang terbentuk sesuai ketertarikan di tiga isu utama bootcamp ini kemudian menghasilkan 6 rencana aksi, yang beberapa diantaranya ditargetkan dapat diimplementasi di tahun 2023 ini. Mulai dari rencana aksi yang menyoroti sampah makanan, produksi botol minuman, produksi seragam berlebihan dan pemanfaatan platform sosial media untuk isu kehijauan serta beberapa hal lain terangkum di 6 rencana aksi ini. Ibu Ria Veriani, SIP, MPA yang merupakan Koordinator Pengajaran dan Evaluasi Penyelenggaraan Pusbangkom TSK ASN dalam pidato menutup kegiatan ini juga mengapresiasi rencana aksi yang telah terbentuk dan mengupayakan agar dengungan gong dari kegiatan ini bisa makin kencang digaungkan lewat implementasi tiap rencana aksi, dan berharap akan ada video atau buku kompilasi aksi hijau LAN di masa mendatang.

 

Skip to content