Menu Close

Komitmen Menjadi Perguruan Tinggi Vokasi Terbaik Di Bidang Aparatur, Politeknik STIA LAN Jakarta Rumuskan Perubahan Renstra 2020-2024

Jakarta – Dalam rangka menjawab tantangan menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pasca terbitnya Undang-undang Nomor 57 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi oleh Kementerian lain dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Politeknik STIA LAN Jakarta perlu melakukan beberapa pembenahan termasuk dalam merumuskan Rencana Strategis (Renstra) serta visi dan misi yang akan dicapai di masa yang akan datang. Hal ini diungkapkan Kepala Lembaga Administrasi Negara, Dr. Adi Suryanto, M.Si saat memberikan sambutan dalam kegiatan Rapat Penyusunan Renstra Politeknik STIA LAN Jakarta, di Ruang Kelas C, Kantor LAN Veteran, Selasa (17/1).

“Terbitnya UU 57/2022 tentang PTKL ini harus menjadikan kesempatan dan peluang bagi Poltek STIA LAN untuk mengembangkan program-program yang relevan dengan tugas dan fungsi LAN, hal ini sejalan dengan amanat peraturan tersebut untuk lebih spesifik dan teknis dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar kerja dan menyesuaikan dengan program prioritas pembangunan masing-masing Kementerian dan LPNK”. tegasnya.

“oleh karena itu, Poltek STIA LAN Jakarta ini harus memiliki kekhasan tersendiri, baik dari metode pembelajaran, proses kompetensi yang dibangun, kurikulum maupun program studinya, sebagai contoh program studi manajemen kediklatan atau manajemen kebijakan public yang tidak dimiliki kampus-kampus lain” lanjut Adi Suryanto.

Kepala LAN juga menambahkan, selain membangun Poltek STIA LAN yang memiliki ciri khas khusus, perlu dibangun sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran vokasi, dimana 70 persen pembelajaran merupakan praktek, oleh karena itu, perlu dibangun laboratorium-laboratorium administrasi bagi para mahasiswanya. Hal lainnya yang juga menjadi fokus adalah pembinaan karir tenaga pengajar, dalam hal ini dosen, lektor, lektor kepala dan guru besar, oleh karena itu Poltek perlu berupaya untuk membangun jurnal yang terakreditasi, sehingga gagasan dan ide tulisan para dosen dapat diakomodir oleh jurnal tersebut.

“Hal yang tak kalah penting dalam membangun poltek yang unggul dan berkualitas adalah komitmen seluruh pegawai Poltek STIA LAN Jakarta untuk bekerjasama dan berkolaborasi menciptakan iklim kerja mampu berkontribusi bagi perbaikan kampus kearah yang lebih baik lagi” tegasnya.

Sementara itu Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Nurliah Nurdin, MA mengatakan penyelenggaraan rapat perubahan penyusunan Renstra ini dimaksudkan untuk melakukan evaluasi penyelenggaraan pendidikan poltek dalam rangka penyesuaian dengan UU 57/2022, oleh karena itu kita perlu bersama-sama menyusun kurikulum dan program studi yang linier dengan tugas dan fungsi serta program prioritas LAN.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Sekretaris Utama, Dra. Reni Suzana, MPPM, Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN, Dr. Muhammad Taufiq, Dea., Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo, MA., Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi, Dr. Basseng, M.Ed. 

Skip to content