Menu Close

Gelar Executive Forum 2023, LAN Perkuat Sinergitas Kerja

Jakarta – Mengawali Tahun 2023, melalui Biro Perencanaan dan Keuangan, Lemabaga Administrasi Negara (LAN) menyelenggarakan Executive Forum Pelaksanaan Kegiatan LAN Th. 2023 di Ruang Kelas C Kantor LAN, Selasa (10/12). Forum yang bertujuan untuk memperkuat sinergitas kerja internal LAN dalam melaksanakan kegiatan di tahun 2023 serta penyamaan persepsi atas penyelenggaraan Program dan Kegiatan LAN Tahun 2023 ini dihadiri oleh seluruh JPT Pratama LAN baik secara luring maupun daring.

Dalam sambutannya Sekretaris Utama LAN Dra. Reni Suzana, MPPM menyampaikan bahwa forum ini diadakan sebagai bekal khusus dalam melaksanakan kegiatan LAN Tahun 2023. Yang pertama, dalam implementasi Re-desain Sistem Perencanaan dan Anggaran (RSPP), Koordinator Kegiatan harus lebih berperan aktif, tidak hanya melakukan pengesahan dokumen perencanaan berupa KAK dan RAB, namun harus turut terlibat untuk memastikan dokumen tersebut disampaikan telah sesuai dan selaras serta melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Kedua, Program Prioritas Nasional dan Program Prioritas LAN menjadi perhatian bersama. Berikutnya, LAN perlu mempersiapkan diri terhadap rencana perubahan struktur kelembagaan LAN. Menyiapkan informasi kinerja dan target-target capaian yang sesuai dengan struktur kelembagaan baru LAN. Dalam hal pengelolaan anggaran, bukan hanya soal penyerapan, namun terkait pencapaian target output yang telah ditetapkan. Yang terakhir adalah mengenai Manajemen Resiko yang selama 3 (tiga) tahun terakhir diimplementasikan itu harus terus menjadi bagian dalam penyusunan perencanaan kegiatan dan anggaran LAN.” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Army Winarty menyampaikan langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran LAN TA 2023, mengutip Surat Menteri Keuangan No S-1047//MK.05/2022. Diiantaranya adalah meningkatkan kualitas perencanaan melalui kesesuaian alokasi dalam DIPA dengan kebutuhan Satker/KL, meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan rencana kegiatan, meningkatkan kualitas belanja melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas belanja (value for money), dan meningkatkan Monitoring dan Evaluasi serta Pengawasan Internal.

“Bentuk nyata mewujudkan focus tersebut telah dilakukan Lembaga Administrasi Negara dengan menerbitkan Perkalan Nomor 17 Tahun 2022 tentang Pemberian Penghargaan dan/atau Sanksi atas kinerja Unit Kerja di Lingkungan Lembaga Administrasi Negara. Dengan adanya Perkalan tersebut dapat mengoptimalkan kinerja dan kualitas perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban unit-unit kerja maupun satuan kerja di lingkungan LAN.” Tambah Army.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Inspektur LAN, Hari Nugraha yang menyampaikan pengawasan internal dapat melalui pemantauan penerapan Manajemen Resiko, Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi, Pengendalian Gratifikasi, Pemantauan LHKPN, Pemantauan LHKASN, Pemantauan Whisttle blowing System, Survei Eksternal Pengguna Layanan, Pemantauan TL LHP dan Pemantauan P3DN. (Nicky Aldila Harahap/AK LAN)

Skip to content