Menu Close

Komitmen Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Settama LAN Rancang Sasaran Mutu Terbaru

Jakarta – Sekretariat Utama (Settama) Lembaga Administrasi Negara terus berkomitmen dalam menjamin kualitas layanan serta penerapan manajemen mutu yang berbasis ISO 9001:2015, berdasarkan hal tersebut maka settama telah merumuskan sasaran mutu terbaru dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan stakeholders LAN baik internal maupun eksternal yang semakin dinamis. Hal ini diungkapkan Sestama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM saat memberikan sambutan pada Forum Konsultasi Pembahasan Rancangan Sasaran Mutu Sekretariat Utama yang diselenggarakan secara blended, di Auditorium Makarti Bhakti Nagari, kantor LAN Veteran, Jumat (18/11).

Sebagaimana diketahui bahwasanya Settama memiliki 3 (tiga) target pelanggan (costumer), 2 (dua) internal, dan 1 (satu) eksternal, untuk target internal sendiri meliputi Pelayanan terhadap individu dalam hal ini seluruh pegawai di lingkungan LAN,yang secara langsung maupun tidak langsung menikmati layanan settama, kedua pelayanan terhadap unit kerja, dalam hal ini seluruh kedeputian, lintas biro, maupun puslatbang serta Politeknik STIA LAN.

“Dan target pelanggan terakhir adalah yang berasal dari eksternal LAN baik dari segi pelaporan keuangan seperti kementerian keuangan, BPK, dari sisi kepegawaian seperti BKN maupun barang dan jasa seperti LKPP bahkan hampir seluruh KLD dapat menjadi costumer kita”, tambahnya.

Lebih jauh, Reni menjelaskan, sejak tahun 2019 settama LAN telah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015 dari TUV Certified terkait dengan manajemen mutu pelayanan, dan pada tahun 2022 ini kita juga telah melakukan resertifikasi terhadap ISO 9001:2015, dan hasilnya dinyatakan certified atau dapat terus mempertahankan perolehan tersebut.

“Kita menyadari sertifikasi tersebut menjadi tanda kehandalan layanan kita namun hal itu jangan membuat kita berpuas diri. Untuk itu, hari ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan settama dengan memberikan pelayanan terbaik terhadap setiap target customer kita, sebagaimana motto settama yaitu “committed to better service”.” tegasnya.

Ia mengungkapkan, Masih ada beberapa layanan yang perlu kita perbaiki sebagaimana catatan asesor ISO dimana kita dituntut untuk meningkatkan target sasaran mutu settama tidak hanya sampai capaian output melainkan sampai dengan outcome,

“Maka melalui forum ini diharapkan dapat menyerap aspirasi dari para stakeholder settama terkait dengan rancangan sasaran mutu di sekretariat utama,” tutupnya.

Skip to content