Menu Close

Laksanakan Rapat Kerja Tahun 2022, LAN Fokuskan Pada Percepatan Transformasi Bangkom ASN

Magelang – Lembaga Administrasi Negara (LAN) telah separuh jalan menuju visi Sebagai Institusi Pembelajar Berkelas Dunia yang Mampu menjadi Penggerak Utama dalam mewujudkan World Class Government Untuk Mendukung Visi Indonesia Maju yang berdaulat, Mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong”. dengan melakukan banyak terobosan kebaruan dalam kebijakan dan sistem pengembangan kompetensi ASN yang mengusung tema ASN Merdeka Belajar. Hal tersebut disampaikan Kepala LAN dalam Rapat Kerja LAN Tahun 2022 “Percepatan Transformasi Bangkom ASN Dalam Mewujudkan ASN Merdeka Belajar” di Prambanan Ballroom, Puri Asri Hotel, Magelang (17/10).

 “Konsep blended learning dalam Pelatihan Dasar CPNS dan Pelatihan Kepemimpinan, platform LMS ASN Unggul dan ASN Pintar (SIPKA) merupakan sebagian dari produk kebaruan nasional yang telah diperjuangan harus terus menerus dilakukan improvement.  Kita berharap capaian ini terus ditingkatkan. Oleh karena itu, agenda Rapat Kerja LAN kali ini kita fokuskan pada “Percepatan Transformasi Bangkom dalam Mewujudkan ASN Merdeka Belajar” melalui perumusan 5 (lima) aspek penguatan bangkom, yakni: Kebijakan, Materi dan Media Pembelajaran, SDM serta Sarana dan Prasarana.” Tambahnya.

 ASN Merdeka Belajar sebagai tagline Lembaga Administrasi Negara (LAN) memerlukan kerangka dan strategi yang jelas serta dikontekstualisasikan melalui penyelenggaraan pembelajaran yang modern, aksesibel dan profesional yang mampu menjawab upaya upskilling dan reskilling SDM aparatur sesuai kebutuhan terkini maupun tantangan ke depan. Konsep merdeka belajar perlu semakin memperkuat pendekatan pembelajar sebagai centre of learning.

 “Saya berharap tidak ada silo-silo antar unit dalam melakukan transformasi tersebut. Kita harus mengedepankan kolaborasi baik secara internal antar unit di lingkungan LAN maupun dengan instansi lain agar terjadi sinergi yang kuat. Tidak ada unit yang terlalu dominan dan sebaliknya juga tidak ada unit yang pasif, semuanya harus memiliki irama yang sama, saling mendukung dan proaktif untuk keberhasilan LAN dalam melakukan Transformasi bangkom. Tumbuhkan pula iklim pembelajar sehingga kita semua semakin profesional, responsif dan adaptif terhadap berbagai tantangan yang ada.” Tutupnya.

 Sementara itu dalam laporan penyelenggaraan, Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM menyampaikan rapat kerja yang dilaksanakan selama 3 hari ini diikuti oleh 75 peserta, baik yang berasal dari LAN Jakarta, maupun Satuan Kerja LAN di daerah. (humas)

Skip to content