Menu Close

Poltek STIA LAN Jakarta Terapkan Tradisi Baru Pemilihan Kandidat Direktur periode 2022-2026 Yang Lebih Demokratis

Jakarta – Perilaku demokratis perlu ditanamkan sejak dini terutama di kalangan civitas akademika dalam rangka membangun iklim pembelajaran yang lebih harmonis dalam pembentukan nilai-nilai demokrasi di lingkungan kampus. Hal ini pun dilakukan Politeknik STIA LAN Jakarta saat penyampaian visi misi dan program kerja kandidat calon direktur periode 2022-2026 yang diselenggarakan secara blended di Ruang Serbaguna Politeknik STIA LAN Jakarta, Selasa (11/10).

Dalam kesempatan itu, Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo WU., MA mewakili Kepala LAN menyampaikan apresiasi kepada poltek STIA LAN Jakarta yang telah memulai satu langkah besar dalam membangun institusinya yang lebih baik dan demokratis, kegiatan pemilihan direktur baru ini bukan hanya sekedar amanah dari statuta poltek  LAN Jakarta sebagaimana diatur dalam PerLAN 2/2022, melainkan juga ada sebuah filosofi dan visi misi baru yang terkandung didalamnya sebagai sebuah langkah membangun demokrasi di lingkungan kampus.

Lebih jauh, Tri Widodo menjelaskan proses ini menjadi sebuah tradisi dan budaya akademis yang diadopsi untuk melahirkan pimpinan institusi yang handal dan berkompeten, kita mengetahui bahwasanya pemilihan kandidat calon direktur ini melalui serangkaian proses yang panjang yang dimulai dari tahapan penjaringan, tahapan penyaringan hingga nanti didapat direktur terpilih.

“Ini merupakan bukti pengkaderan yang baik bagi tenaga-tenaga akademis yang akan memberikan dorongan terhadap budaya kompetisi yang sehat dan profesional di kalangan civitas akademika untuk mencapai kinerja yang lebih baik”, ujarnya.

Ia juga menegaskan, penyampaian visi misi ini bukan hanya sekedar untuk mengetahui apa yang akan dilakukan oleh seorang kandidat namun yang lebih penting lagi visi misi merupakan kolektivitas komitmen, jadi visi misi bukan lagi melekat pada individu melainkan visi misi ini akan menjadi sebuah kesepakatan bersama yang akan dilakukan oleh seluruh civitas akademika yang ada.

“Maka sebagai kolektivitas komitmen bersama, visi misi kandidat terpilih nanti diharapkan dapat menjadi sebuah instrumen dalam mempererat soliditas dan kolaborasi seluruh jajaran dilingkungan poltek STIA LAN Jakarta. Harapannya tidak akan muncul adanya friksi-friksi dari pemilihan direktur ini, melainkan para kandidat  tetap dapat membuka hati dan pikiran bahwasanya visi misi yang berbeda tidak mengurangi kesamaan komitmen untuk membangun institusi ini menjadi lebih unggul dan handal kedepannya, maka tetap menempatkan institusi diatas segala-galanya”, tuturnya.

Ia berharap, semangat Makarti Bhakti Nagari dan kebersamaan membangun institusi dapat diwujudkan dalam setiap tahapan proses pemilihan kandidat direktur Politeknik STIA LAN Jakarta ini.

Adapun ke enam kandidat calon Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta yang memaparkan visi misi dan program kerjanya antara lain :

  1. Prof. Dr. Nurliah Nurdin ,MA
  2. Dr. Asropi, M.Si
  3. Dr. Mala Sondang Silitonga, MA
  4. Dr. Ridwan Rajab, M.Si
  5. Dr. Edy Sutrisno, M.Si
  6. Dr. Neneng Sri Rahayu, M.Si
Skip to content