Menu Close

Tetap Jaga kualitas pelayanan sesuai standar mutu Internasional, Sekretariat Utama LAN Memperbaharui Sertifikasi ISO 9001:2015

Jakarta – Sekretariat Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN) berhasil mempertahankan Sertifikat ISO 9001:2015 setelah melalui proses audit surveillance yang ketiga kalinya pada Jumat (9/9) yang dilaksanakan secara virtual. Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM dalam kesempatan itu menyampaikan perolehan ini sekaligus memperbaharui sertifikat ISO 9001:2015 untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun mendatang, tentu saja keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama dan kolaborasi luar biasa seluruh pegawai di lingkungan Sekretaris Utama  untuk berkomitmen mempertahankan mutu dan kualitas pelayanan terhadap  stakeholdernya.

Reni menyampaikan, seperti kita ketahui dinamika perubahan birokrasi di tahun 2022 terjadi sangat cepat, dimulai dengan peralihan beberapa pegawai LAN ke BRIN, penyesuaian jabatan administrasi menjadi jabatan fungsional. Hal tersebut tentu saja berpengaruh terhadap bisnis proses di LAN.

“Kondisi ini mendorong sekretariat utama untuk cepat dan lincah (agile) dalam merespon perubahan tersebut, berupaya untuk mensinkronisasi sejumlah bisnis proses untuk tetap mempertahankan kualitas pelayanannya” tambah Reni.

Ia juga menyampaikan, melalui serangkaian proses dan upaya Sekretariat Utama dalam melakukan penyesuaian tersebut, pada hari ini merupakan sebuah apresiasi untuk kembali mempertahankan Sertifikat ISO 9001:2015 dalam rangka memastikan proses Quality Management System (QMS) di lingkungan Sekretariat Utama tetap berjalan sesuai standar

Sementara itu Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Dra. Army Winarty, M.SI menambahkan, audit surveillance yang ketiga ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yang tidak hanya mengumpulkan secara dokumentatif namun benar-benar dinilai sejauh mana implementasi serta penerapannya di lapangan, hal ini terbukti dari beberapa permintaan dari auditor TUV Nord terkait dengan evidence based di setiap kelompok substansi (poksi).

Ia juga menambahkan, ISO merupakan organisasi non-pemerintah yang bertugas merancang dan menetapkan standar akreditasi yang diakui secara internasional. Khusus ISO 9001, standar dirancang untuk menentukan standar yang mengatur sistem manajemen mutu (QMS). Sistem manajemen mutu ini diukur dengan menilai kemampuan dalam memenuhi kebutuhan, konsistensi produk dan perbaikan layanan yang dilakukan terus menerus.

Sedangkan Auditor TUV Nord, Rony Hasiholan mengungkapkan hasil audit surveillance secara keseluruhan LAN sudah mendemonstrasikan system yang dijalankan sesuai dengan ISO 9001:2015, Organisasi telah menunjukkan komitmen yang sangat baik dalam mengimplementasikan manajemen mutu ISO 9001:2015 dengan nonconformity (N/C) dan dapat melanjutkan prosedur yang sudah ada.

“Melalui hasil laporan ini maka merekomendasikan Sekretariat Utama LAN untuk dapat renewal atau memperbaharui sertifikat  ISO 9001:2015, dan  kedepannya akan dilakukan audit surveillance pertama pada agustus 2023” tutupnya.

Skip to content