Menu Close

Benchmarking Pusbang SKATP Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN ke Puslatbang PKASN

Jatinangor – Jumat (26/8) Puslatbang PKASN menerima Kunjungan Benchmarking dari Pusbang SKATP Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN. Adapun maksud dari kunjungan tersebut disampaikan oleh Wahyuni sebagai perwakilan dari Pusbang SKATP dalam rangka penguatan struktur kegiatan serta struktur anggaran kajian kebijakan pada Pusbang SKATP. Benchmarking ini diterima oleh tim Analis Kebijakan Puslatbang PKASN Guruh Muamar Khadafi, S, IP., Masrully, S.IP dan Israini Miradina, S,E. di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung Administrasi Puslatbang PKASN.

Guruh menyampaikan, pada prinsipnya hal yang membedakan pada Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/ Lembaga (RKAKL) terkait analisa kebijakan adalah Rincian Output yang berbentuk rekomendasi kebijakan. Adapun struktur anggaran untuk penomoran akun tetap sama dengan sebelumnya, yang membedakan adalah tahapan kegiatan yang disesuaikan dengan tahapan analisa kebijakan.
Lebih lanjut Masrully juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan analisa kebijakan dapat dilaksanakan melalui tahapan perumusan masalah, pengembangan kriteria solusi, pengembangan alternatif, pemilihan alternatif, penyusunan rekomendasi.

Pada kesempatan yang sama Israini turut menambahkan bahwa agenda penting yang tidak boleh dilupakan dalam kegiatan ini, yaitu pelaksanaan advokasi kebijakan kepada stakeholder terkait atau pengambil kebijakan. (Humas)

Skip to content