Menu Close

Bentuk Pemimpin Adaptif dan Responsif, LAN Gandeng Pemprov Maluku Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II

Ambon – Perkembangan teknologi saat ini didominasi oleh pesatnya teknologi rekayasa mulai dari Augmented Reality (AR), Artificial Intelligence (AI), krypto sampai perkembangan metaverse. Kita harus sudah mulai memikirkan bagaimana membangun Metaverse dengan kearifan lokal untuk peningkatan pelayanan publik di berbagai sektor, seperti pendidikan, SDM, komunikasi, kesehatan, pariwisata, dan lainnya. Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) pada Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXV Provinsi Maluku Tahun 2022, di Kantor BPSDM Provinsi Maluku, Selasa (23/8).

 “Oleh karena itu, kita harus beradaptasi dan berupaya mengembangkan kompetensi kita agar tidak ketinggalan jaman. Pengembangan kompetensi kepemimpinan menjadi penting dilakukan untuk membentuk pemimpin sektor publik yang mampu menginisiasi dan mengelola perubahan yang diharapkan tidak hanya perubahan pada aspek kognisi, namun juga aspek afeksi dan kepemimpinan.” Ungkapnya.

 Adi Suryanto juga menyampaikan pada Pelatihan Kepemimpinan ini salah satu penilaian kelulusan apabila peserta benar-benar dapat menunjukkan kompetensinya dan membuktikan kemampuan dalam mengaktualisasikan kompetensi tersebut dalam Produk Aktualisasi Kepemimpinan. Produk Aktualisasi Kepemimpinan sebagai sebuah tahapan yang harus dilalui peserta pelatihan merupakan wahana bagi peserta untuk menunjukkan kompetensi manajerial peserta untuk beradaptasi dan responsif dalam rangka mengelola perubahan lingkungan strategis.

 “Sebagai salah satu cara membentuk pemimpin yang memiliki kemampuan beradaptasi dan responsif mengelola perubahan lingkungan strategis, maka kurikulum PKN Tingkat II telah memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengaktualisasikan kompetensi kepemimpinan tersebut melalui visitasi kepemimpinan nasional dengan melaksanakan kunjungan ke lokus tertentu di luar kampus.” Jelasnya.

 Pada kesempatan itu Gubernur Maluku, Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Murad Ismail, S.H. M.H. dalam sambutannya mengharapkan PKN Tk II ini dapat melahirkan pimpinan aparatur yang professional, handal dan terpercaya serta memahami berbagai permasalahan-permasalahan yang dihadapi bangsa.

 “Sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, saya berharap harus mempunyai kepekaan terhadap perkembangan pembangunan daerah, dan memiliki kemampuan mengelola kebijakan, dalam menghadapi setiap tantangan, guna menumbukan inovasi, kreativitas dan kemandarian” tegasnya.

 Murad Ismail juga menyampaikan ucapan terimakasih, atas kesempatan yang diberikan LAN kepada Pemerintah Provinsi Maluku untuk menyelenggarakan PKN Tingkat II di BPSDM Provinsi Maluku.

 Hadir juga dalam kesempatan tersebut Kepala BPSDM Provinsi Maluku, Bapakk Drs. Hadi, M.Si, dan juga JPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku. PKN Tingkar II Angkatan XXV ini diikuti 70 peserta yang berasal dari Pemerintah Provinsi Maluku, Pemerintah Kabupaten Buru, Pemerintah Kabupaten KKT, Pemerintah Kabupaten SBT, Pemerintah Kabupaten MDB, Pemerintah Kota Ambon, Pemerintah Kota Tual, Pemerintah Kab.Sorong Selatan dan Pemerintah Kota Ternate. (humas)

Skip to content