Menu Close

Bangun Kolaborasi, LAN dan IKA PIMNAS Gelar Temu Alumni di Kaltara

Tanjung Selor – Sinergi dan kolaborasi antar alumni Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) merupakan kebutuhan yang mendesak dewasa ini, mengingat tantangan yang dihadapi oleh birokrasi ke depan semakin kompleks. Birokrasi kita saat ini benar-benar berhadapan dengan fenomena VUCA yang menghadirkan ketidakpastian dan membutuhkan kecepatan gerak yang agile untuk mengatasinya. Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi, Dr. Basseng, M.Ed mewakili Kepala LAN Dr. Adi Suryanto, M.Si pada Pembukaan Rangkaian Kegiatan Temu Ikatan Alumni Pimpinan Nasional (IKA PIMNAS) “Membangun Kolaborasi Pasca Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Maju”, di Kantor Gubernur Kalimantan Utara, Tanjung Selor, Kamis (11/8).

 “Untuk mengatasi masalah tersebut, tidak ada pilihan yang lebih tepat, kecuali kita harus bersinergi, kita harus berkolaborasi memikirkan, mencari, mengupayakan dan melakukan langkah-langkah solutif dan inovatif.” Tambah Basseng.

 Basseng juga menyampaikan, secara khusus dengan mengusung tema kegiatan temu alumni “Pulih Lebih Cepat, Maju Lebih Berkelanjutan di Provinsi Kalimantan Utara”, dengan pemilihan Tanjung Selor sebagai tempat pertemuan diharapkan mampu menciptakan iklim kolaborasi antara Pejabat Tinggi Madya dan Pratama pada Instansi Pemerintah Pusat/Daerah yang tergabung dalam Ikatan Alumni PIMNAS untuk berkontribusi mendukung pembangunan berkelanjutan dan seimbang antar wilayah.

 “Saya sangat mengapresiasi para alumni IKA Pimnas karena telah bersinergi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dan ini bukanlah kegiatan yang pertama. IKA PIMNAS telah beberapa kali menunjukkan kemampuan kolaborasinya untuk mengantisipasi perkembangan lingkungan strategis yang ada.” Tutupnya.

 Pada kesempatan yang sama Ketua IKA Pimnas, Dr. Ir. Bambang Hendroyono, M.M menyampaikan tujuan pertemuan ini adalah untuk ajang silaturahmi dan tukar pikiran untuk memperkuat ruang kebijakan pembangunan Indonesia, meningkatkan kolaborasi dalam mendukung program prioritas nasional, dan mendorong implementasi pembangunan berkelanjutan di Provinsi Kalimantan Utara, sebagai tempat penyelenggaraan Temu Alumni IKA PIMNAS tahun 2022 ini.

 “Provinsi Kalimantan Utara dipilih karena memiliki letak geografis yang strategis dalam konteks Pembangunan Wilayah, yaitu karena daerahnya dilewati oleh alur pelayaran yang termasuk dalam kategori Alur Laut kawasan Indonesia II yang sering dilewati oleh kapal yang berlayar dari perairan Indonesia keluar pelayaran internasional meliputi Kawasan Malaysia, Filipina, Brunei, Singapura dan negara-negara ASEAN, serta negara-negara Asia Pasifik. Dan provinsi ini dipilih tentunya karena salah satu alumni terbaiknya, telah sukses menjadi Gubernur pada Provinsi ini.” Ungkap Bambang.

 Sementara itu Gubernur Kalimantan Utara yang juga merupakan anggota IKA PIMNAS, Drs. H. Zainal A Paliwang, S.H., M.Hum berharap  melalui pertemuan IKA PIMNAS, Kaltara dapat meningkatkan kolaborasi antar stakeholder dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional. Serta mendorong percepatan pembangunan di Kaltara dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi ketimpangan antar wilayah, serta memajukan kehidupan masyarakat.

 “Kita cukup bangga pertemuan IKA-PIMNAS dapat terlaksana di Tanjung Selor. Pasti berimbas positif bagi masyarakat kita, salah satunya dampak ekonomi,”jelasnya.

Zainal  juga berharap kegiatan ini terlaksana dengan lancar sebagai wadah diskusi dan bertukar pendapat guna mendorong implementasi pembangunan berkelanjutan khususnya di provinsi Kalimantan Utara.

“Semoga melalui kegiatan ini kita dapat dapat memperkuat kolaborasi serta dengan pertemuan ini bisa menjadi wadah diskusi dan bertukar pikiran dan selamat melaksanakan kegiatan semoga dapat terlaksana dengan lancar dan dapat mendorong implementasi pembangunan berkelanjutan khususnya di provinsi Kaltara,” pungkasnya.

Pertemuan berlanjut pada Jumat (12/8) pagi, dimana salah satu rangkaian kegiatannya adalah seminar nasional. Hadir sebagai keynote speaker Deputi SDM Aparatur Kemenpan RB Dr. Ir. Alex Denni, M.M. Kegiatan ini yang tidak hanya digelar secara luring, tapi juga diikuti secara daring ini menghadirkan beberapa narasumber yaitu, Dr. Ir. Himawan Hariyoga D. M.Sc, Dr. Ir. Bambang Hendroyono, M.M, Ernadhi Sudarmanto, AK, MM, M.Ak, Dr. Fadil Zumhana, Ir. Razilu, M.Si, CGCAE, Sri Hadiati Wara Kustriani, SH, MBA, dan Ir. Herlina Sulistyorini, M.Si. Hadir juga sebagai moderator Drs. Yasmon, M.L.S. dan Prof. Dr. Ir. Hj. Winarni Dien Monoarfa, MS (humas).

Skip to content