Menu Close

Puslatbang KDOD Gelar Seminar “Yuk Menulis Artikel Dengan PUEBI”

SAMARINDA – “Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan dalam momentum terbaik bagi LAN, karena sebentar lagi LAN akan merayakan hari ulang tahun ke-65 pada tanggal 6 Agustus 2022 mendatang. LAN ingin memberikan eksistensinya dalam tugas dan fungsinya untuk memberikan pengembangan kompetensi bagi para ASN” ujar Kepala Puslatbang KDOD LAN, Dr. Muhammad Aswad, M.Si pada saat membuka acara secara resmi pada kegiatan Seminar dengan tema “Yuk Menulis Artikel dengan PUEBI”, yang dilaksanakan di Ruang Auditorium Puslatbang KDOD, Rabu (27/7) .

“Oleh karena itulah, tema yang diusung pada HUT LAN tahun ini adalah ASN Merdeka Belajar. Kita ketahui bersama juga bahwa saaat ini banyak lembaga yang direvisi bahkan dihilangkan oleh Pemerintah. Tapi LAN masih berdiri dan dipercaya oleh pemerintah untuk menjadi think tank dari Republik Indonesia ini” jelasnya lagi.

Aswad juga mengatakan bahwa dalam menjalankan fungsinya, LAN selalu melakukan reformasi birokrasi. Puslatbang KDOD sendiri memiliki salah satu kegiatan yang dinamakan RAMAH, yaitu Respon Alternatif Permasalahan Daerah. Salah satu gerakan yang dilakukan adalah dengan mewadahi para Analis Kebijakan yang saat ini jumlahnya juga semakin banyak akibat dampak delayering peralihan jabatan structural ke fungsional. “LAN sebagai instansi Pembina Jabatan Fungsional Analis Kebijakan memiliki tanggung jawab untuk mengakomodir permasalahan-permasalahan yang ada. Bayangkan saja, ada sekitar 90 ribu orang jumlah JF Analis Kebijakan saat ini. Dan hari ini, melalui kegiatan seminar ini, kami harapkan satu permasalahan bisa teratasi, yaitu bagaimana kemudian seluruh Pejabat Fungsional bisa memiliki kompetensi dalam menulis sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia” tegas Aswad. Dikatakan oleh Aswad bahwa kemampuan menulis harus dimiliki oleh seluruh pejabat fungsional yang ada. Menurutnya, menulis itu tidak terbatas ruang dan waktu, dan hasilnya bisa dinikmati siapa saja, bisa dibaca kapan saja dan dimana saja.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan HUT LAN ke-65 tahun yang dilaksanakan oleh Puslatbang KDOD. Selain kegiatan ini, tentunya masih banyak kegiatan lain yang akan digelar sampai dengan kegiatan puncak yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus nanti. Di akhir sambutannya, Aswad menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan ini. “Semoga apa yang kita laksanakan hari ini, dapat memberikan makna dan manfaat bagi kita semua, serta bisa memberikan motivasi dalam diri kita masing-masing agar dapat menulis artikel yang tentunya bermanfaat bagi bangsa dan Negara” tutupnya. (ler/ler)

#kawanlan #lanuntuknegeri #puslatbangkdod #makartibhaktinagari #asnberakhlak #banggamelayanibangsa

Scroll Up