Menu Close

Persiapan Resertifikasi ISO 9001: 2015, Settama LAN Selenggarakan Pelatihan Awareness Bagi Pegawai

Jakarta – Sebagai salah satu langkah persiapan strategis resertifikasi ISO 9001 : 2015 tentang Sistem Manajemen Mutu atau biasa dikenal dengan Quality Management System (QMS), Sekretariat Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN) menyelenggarakan Pelatihan Awareness ISO 9001:2015 di Aula Prof. Agus Dwiyanto, MPA, LAN Veteran, Senin (18/7). Dalam Kesempatan tersebut, Sekretaris Utama LAN, Dra. Reny Suzana, MPPM mengingatkan kepada seluruh pegawai di lingkungan Sekretariat Utama (Settama) untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam rangka re-sertifikasi ISO tersebut, oleh karenanya kegiatan ini merupakan moment penting untuk me-refresh kembali komitmen yang telah kita sepakati bersama-sama tiga tahun lalu.

“Di tahun 2019 lalu kita telah berhasil mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015 ini merupakan bagian dari bagaimana kita memiliki komitmen bersama terhadap penjaminan mutu pelayanan yang diterapkan melalui pelaksanaan tugas dan fungsinya di lingkungan Settama, dan setelah itu di tahun 2021 dan 2022 kita terus dilakukan audit surveillance dalam rangka evaluasi penerapan penjaminan kualitas tersebut, dan pada tahun 2022 ini kita akan melaksanakan re-sertifikasi ISO”, tuturnya

Reni menyampaikan, Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 sendiri merupakan sebuah standar manajemen mutu yang dirancang untuk membantu memastikan organisasi dapat memenuhi kebutuhan stakeholders serta produk layanan yang dihasilkan memenuhi persyaratan perundangan, hukum dan peraturan yang berlaku. Penerapan ISO 9001:2015 di lingkungan Settama LAN  sebagai wujud implementasi program reformasi birokrasi dan transformasi kelembagaan, serta menciptakan good governance dan clean governance.

“Melalui forum ini diharapkan dapat menyegarkan kembali ingatan kita semua terkait sistem pelayanan yang sesuai standar, tidak hanya sekedar pengembangan kompetensi teknis semata melainkan juga mampu diinternalisasikan pada setiap individu di lingkungan Settama, hal ini sejalan dengan slogan yang pernah kita sepakati di awal tahun lalu “to Provide Better Service”, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Dra. Army Winarty, M.Si dalam laporannya mengatakan, di tahun 2022 ini TuV Nord yang merupakan badan sertifikasi Sistem Manajemen Mutu akan kembali melakukan re-sertifikasi kepada seluruh pelayanan di Settama yang meliputi 5 unit kerja dan 164 pegawai.

“Tujuan kegiatan ini seluruh pegawai Settama dapat meningkatkan pemahaman dan kapasitas dalam penjaminan mutu di unit kerjanya, mendorong dan akselerasi penjaminan mutu di LAN, serta berperan aktif dalam meningkatkan kualitas mutu dan pelayanan sestama yang selaras dengan visi dan misi LAN” harapnya

Hadir sebagai narasumber auditor dan praktisi standar mutu dari Sciencom, Rizaldy Djamin, dan Analis Kebijakan Ahli Muda Selaku Subkordinator Reformasi Birokrasi, Naufal Sabda Auliya, SIP.

Scroll Up