Infografis

 

Mengenal Laboratorium Inovasi

Laboratorium Inovasi dirancang sebagai sebuah proses untuk menghasilkan pengetahuan baru melalui tahapan sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi dan internalisasi (SECI) yang dikembangkan dari metode proses Social Innovation menjadi metode 5D + 1.

Metode 5D + 1 merupakan tahapan proses Labinov, yang terdiri dari Drum Up (menginspirasi untuk komitmen berinovasi); Diagnose (menggali ide-ide inovasi untuk mewujudkan visi atau impiannya); Design (merancang rencana aksi inovasi yang komprehensif); Deliver (melaksanakan inovasi secara fokus dan konsisten); Display (menyampaikan progres dan manfaat inovasi kepada Stakeholder); dan Documentation (mendokumentasikan kegiatan (inovasi) dengan baik).

Sejak tahun 2015, Laboratorium Inovasi semakin berkembang baik dari jumlah lokusnya, maupun jumlah ide inovasi yang dihasilkan. Pada tahun 2018, Labinov menjadi salah satu program prioritas nasional, dan berhasil mengembangkan 6779 ide inovasi yang berasal dari Aceh hingga Papua melalui pola kemitraan, dimana beberapa di antaranya telah mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari berbagai institusi baik nasional maupun internasional.

Keseluruhan proses dan tahapan Labinov serta pelaksanaannya di berbagai lokus telah dituangkan dalam bentuk buku, pedoman, manual dan dokumentasi lainnya sebagai instrumen knowledge sharing dan sumber referensi bagi replikasi inovasi para stakeholders LAN.

Last modified on Senin, 07 Oktober 2019 19:30
Super User

Fusce adipiscing viverra auctor. Integer lacinia blandit est, vitae dapibus justo facilisis consectetur. Praesent lacinia, ante sed tempus convallis.accumsan magna, nec sagittis odio augue id velit.

Website: themewing.com/