Terima Kunjungan FISIP Universitas Sebelas Maret, LAN Siap Tingkatkan Kualitas Analis Kebijakan di Perguruan Tinggi








Jakarta- Lembaga Administrasi Negara (LAN) melalui Kedeputian Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara menerima kunjungan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) di Ruang Rapat Administrator Lantai 5, Gedung B, LAN Veteran Jakarta Pusat, (18/2). Kunjungan dalam rangka inisiasi kerjasama itu diterima oleh Kepala Pusat Pembinaan Analis Kebijakan LAN, Dra. Elly Fatimah, M.Si. Sedangkan dari pihak FISIP UNS di pimpin oleh Dekan FISIP UNS, Prof Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Pembinaan Analis Kebijakan LAN menyampaikan apresiasi atas kunjungan Tim FISIP UNS. Elly Fatimah memberikan gambaran singkat beberapa alternatif kerjasama yang nantinya dapat dijalin, seperti penguatan kualitas analisis kebijakan dan laboratorium inovasi. “Kami juga sudah mengembangkan modul Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Dapat dibahas dan kembangkan lebih mendalam lagi nantinya terkait model penyusunan desain, analisis kebijakan dan advokasi kebijakan", tambah Elly.

Sementara itu Dekan FISIP UNS menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan mutu lulusan Program Studi Ilmu Administrasi Negara terutama dalam bidang analisis persoalan kebijakan maka diperlukan kerjasama dengan LAN. "Kami telah mengajarkan Mata Kuliah Analisis Kebijakan Publik, seperti: Kebijakan Publik, Formulasi Kebijakan Publik, Implementasi Kebijakan Publik, dan Evaluasi Kebijakan Publik. Tetapi secara praktis operasional, kami tidak memiliki kemampuan untuk itu, sehingga kami berinisiasi untuk berkerjasama dengan LAN supaya nanti lulusan kami mendapatkan pengakuan sebagai Analis Kebijakan", ungkap Ismi.

Selain itu, Ismi juga menyampaikan ketertarikannya terhadap laboratorium inovasi LAN. "Kami terdorong untuk membuat laboratorium sosial yang terstandardisasi. Kami ingin belajar banyak bagaimana laboratorium itu bekerja, fasilitas seperti apa yang digunakan, dan apa yang perlu kami persiapkan untuk bisa sampai di sana", tutup Ismi.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara, Dra. Isti Heriani, MBA, Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara UNS, Rino Ardhian Nugroho, S.Sos, M.T.I., Ph.D., dan Tim Laboratory Public and Governance Reform (LPGR) UNS.