Samakan Persepsi Peneliti dan Arsiparis, LAN Selenggarakan Bimbingan Teknis








Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) melalui Biro Sumber Daya Manusia dan Umum menyelenggarakan Bimbingan Teknis E-Peneliti dan Bimbingan Teknis Penyusunan Daftar Uraian Penilaian Nilai Kredit (DUPNK) Arsiparis di Ruang Kelas AB, Gedung A Kantor LAN Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (29/01).
Pada kesempatan tersebut, Kepala Biro SDM dan Umum, M. Yusuf Gunawan Idris, S.IP., ME dalam sambutannya berpesan kepada para pejabat fungsional yang hadir agar dapat memanfaatkan acara ini untuk menambah pemahaman, wawasan dan menyamakan persepsi.

"Karakteristik jabatan fungsional ini adalah kemandirian, oleh sebab itu dengan forum ini diharapkan kemandirian Bapak/Ibu semakin kuat karena adanya informasi dan kebijakan baru yang disampaikan oleh para Narasumber" ujarnya.
Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pendalaman implementasi penilaian kinerja bagi para Peneliti di Ruang Kelas AB dengan narasumber Kasubbid Penilaian Kinerja Jabatan Fungsional Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Yoke Pradanatama, SE. Pada kesempatan tersebut disampaikan tentang bagaimana proses pengusulan angka kredit melalui sistem E-Peneliti yang baru, yaitu versi 1.0. dan dilanjutkan dengan praktik pengisian usulan angka kredit.
Sementara itu diruangan terpisah, Bimbingan Teknis Penilaian Kinerja Jabatan Fungsional Arsiparis menghadirkan narasumber Arsiparis Ahli Utama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Drs. Bambang Parjono Tarigan, M.Si.

Peserta yang hadir mendengarkan dengan seksama penjelasan mengenai penilaian kinerja dan juga tunjangan arsiparis berdasarkan sasaran kinerja pegawai (SKP) sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang baru. Selain itu juga dilakukan praktik bersama pengisian SKP untuk pemangku jabatan fungsional arsiparis.