LAN Jalin Kerjasama Inovasi Pelayanan dengan Sekretariat DPRD Kota Medan








Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) melalui Pusat Inovasi Manajemen Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (Pimbangkom ASN) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) mengenai Survei Kepuasan Pelayanan Sekretariat DPRD Kota Medan dan Peningkatan Layanan Sekretariat DPRD Kota Medan melalui Akselerasi Inovasi dengan Sekretariat DPRD Kota Medan di ruang Rapat Administrator A Gedung B Lantai 3, LAN Veteran Jakarta Pusat, (Kamis, 30/01). Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Pusat Pimbangkom ASN, Drs. Seno Hartono, DESS, dan Sekretaris DPRD Kota Medan, Drs. Abdul Aziz disaksikan Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara LAN, Dr. Agus Sudrajat, S.Sos., M.A., dan juga Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim,S.E.

Dalam kesempatan tersebut, saat memberikan sambutan Agus Sudrajat menyampaikan bahwa pengembangan inovasi merupakan terobosan yang semua Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah sudah melakukan. Sehingga Kota Medan atau dalam hal ini Sekretariat Dewan jika tidak melakukan, tentunya bisa tertinggal dari yang lainnya.

“Untuk itu saya apresiasi langkah yang diambil oleh Sekretariat Dewan Kota Medan untuk melakukan survei terhadap kepuasan anggota. Sekretariat Dewan Kota Medan merupakan satu-satunya yang melakukan inovasi untuk membuat survei kepuasaan pelayanan terhadap anggotanya. Saya kira perlu para anggota dewan untuk terus memberikan masukan, supaya sekretariat dewan dapat terus meningkatkan pelayanannya, sekecil apapun itu untuk mempercepat birokrasi.” tambah Agus.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris DPRD Kota Medan, Abdul Aziz mengungkapkan kerja sama ini merupakan salah satu upaya dalam rangka optimalisasi peran sekretariat DPRD dalam memfasilitasi pimpinan dan anggota DPRD. Kegiatan Survei Kepuasan Pelayanan Sekretariat DPRD Kota Medan bermanfaat untuk mengetahui kekurangan atau kelemahan dalam penyelenggaraan pelayanan Sekretariat DPRD Kota Medan kepada stakeholder, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Medan, dan mengetahui tolak ukur kepuasan secara menyeluruh terhadap hasil pelaksanaan pelayanan yang telah diberikan oleh Sekretariat DPRD Kota Medan. Hasil dari survei tersebut kemudian digunakan sebagai tolak ukur peningkatan pelayanan yang diberikan oleh Sekretariat DPRD Kota Medan.

“Suatu kehormatan bagi kami bisa bekerjasama dengan LAN, selaku institusi yang mempunyai fungsi pengembangan inovasi administrasi negara serta fasilitasi dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah di bidang administrasi negara” tutup Abdul Aziz.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Ikhwan Ritonga,S.E., H.T. Bahrumsyah serta para pejabat fungsional di lingkungan Pimbangkom ASN, dan Pejabat Struktural Sekretariat DPRD Kota Medan.