Kunjungi Kementerian PPN/Bappenas, LAN Pelajari Pelaksanaan “Flexi Work”








Lembaga Administrasi Negara (LAN) melakukan audiensi dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) di Ruang Rapat BSM, Gedung Bappenas, Jl. Taman Suropati No 2, Menteng, Jakarta (21/2).

Audiensi delegasi LAN dalam rangka mempelajari implementasi Integrated Digital Working (IDW) dan Smart Office ini diterima langsung oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas, Randy R. Wihatnolo.

Dalam paparannya Randy menyatakan IDW ini merupakan sebuah inovasi manajemen aparatur sipil negara (ASN) yang merupakan percontohan pelaksanaan Flexi Work dimana aparatur dapat bekerja tanpa harus ‘ngantor’ secara konvensional. Presiden Joko Widodo sendiri telah melihat langsung bagaimana sistem IDW diimplementasikan pada 16 Januari 2020.

“Pola Flexi Work ini perlahan akan mengubah pola lama ke pola yang baru, sehingga diharapkan produktivitas kerja dapat naik. Harapan Presiden Jokowi nantinya dapat meningkatkan motivasi, produktivitas dan kinerja ASN. Model ini akan diterapkan di Ibu Kota Negara (IKN) yang baru nantinya, tentunya dengan sistem yang terus disempurnakan” ungkap Randy.

Pada kesempatan tersebut dari delegasi LAN hadir Kepala Bagian Administrasi Pusat Kajian Manajemen ASN Anastasia Eny Retnoastuti, S.Pd., M.A., Kepala Bagian Administrasi Pusat Inovasi Manajemen Pengembangan Kompetensi ASN, Rusma Dwiyana, SH., M.Hum, Kepala Bidang Sistem Teknologi Informasi Pusat Data dan Informasi, Anak Agung Sri Astiti, S.Kom., M.Sc, dan juga pejabat fungsional di lingkungan LAN. (humas)