Inisiasi Kerjasama di Bidang Pengembangan Kompetensi dan Standardisasi, LAN Jajaki Kerjasama dengan BSN




Lembaga Administrasi Negara (LAN) menerima audiensi dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) dalam rangka menginisiasi kerjasama di bidang pengembangan kompetensi dan standardisasi, di ruang Sidang Pimpinan, Kantor LAN, Jalan Veteran 10, Jakarta Pusat , Selasa (11/2).

Dalam sambutannya Kepala LAN Dr. Adi Suryanto, M.Si menyampaikan bahwa LAN mempunyai kewenangan melakukan akreditasi lembaga pelatihan dalam rangka penjaminan mutu yang mengacu pada standar mutu. Kepala LAN berharap agar ke depan, dapat didiskusikan bersama mengenai kriteria standardisasi alat ukur yang ada.

"Nantinya BSN bisa lebih jauh memfasilitasi kami untuk merumuskan standar itu dengan baik. Materi standardisasi ini juga dipandang perlu diberikan kepada para peserta pelatihan kepemimpinan karena bagaimanapun juga dunia usaha akan bersinggungan dengan birokrasi. Standardisasi pada dasarnya adalah ruh setiap pelatihan untuk menghasilkan produk yang berkualitas", tambah Adi Suryanto.

Sementara itu, Kepala BSN Prof. Dr. Bambang Prasetya mengatakan bahwa LAN dan BSN harus bersinergi menyiapkan sebuah sistem agar ASN semakin berkualitas. Nantinya sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo agar ke depannya dilakukan deregulasi, maka standardisasi akan menjadi dasar sistem manajemen.

"Pendekatan kami dengan LAN ada dua. Pertama, agar kurikulum standardisasi dapat diajarkan melalui pelatihan kepada ASN sebagai bekal menjamin sistem kualitas nasional dan yang kedua bersama mengembangkan standardisasi yang sifatnya kelembagaan ", ujar Bambang Prasetya.

Kegiatan audiensi ini juga dihadiri oleh Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM, Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara LAN, Dr. Muhammad Taufiq, DEA, Deputi Bidang Penyelenggaran Pengembangan Kompetensi, Dr. Basseng, M.Ed. dan Dr. Ir. Puji Winarni, MA, Sekretaris Utama BSN.