Fokus Lahirkan Inovasi yang Bermanfaat, LAN Sepakati Komitmen Kerjasama dengan Pemerintah Kota Padang Panjang








Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Pemerintah Kota Padang Panjang melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) tentang Penguatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Kota Padang Panjang Melalui Penyelenggaraan Kegiatan Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi, Inovasi, Kajian Kebijakan dan Pendidikan Tinggi di ruang Sidang Pimpinan, Gedung B Lantai 2, Kantor LAN, Jakarta (5/2). Kesepakatan bersama ditandatangani langsung oleh Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si dan Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, BBA.

Dalam sambutannya Kepala LAN menyampaikan bahwa dalam melakukan inovasi, isu kepemimpinan menjadi sangat penting perannya. Isu Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengetahuan serta pemahaman terhadap inovasi juga menjadi peran penting dalam mengembangkan inovasi. Inovasi tidak menitikberatkan pada besar kecilnya anggaran, namun lebih pada besar kecilnya manfaat yang muncul dari inovasi yang ada. Hal ini dikarenakan situasi di masyarakat yang terus berkembang, sehingga inovasi perlu untuk mewadahi hal tersebut.

Kepala LAN juga menambahkan, bahwa selain berbentuk kebijakan, inovasi juga bisa berbentuk alur yang baik dalam pencapaian visi dan misi.

Lebih lanjut Kepala LAN berharap agar inovasi yang akan lahir dari Kota Padang Panjang bisa menjadi mercusuar inovasi bagi kota lain.
“Semoga dengan adanya penandatanganan kerjasama ini, dapat mendorong lahirnya inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi kemajuan Indonesia pada umumnya dan Kota Padang Panjang pada khususnya” tutup Adi.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Padang Panjang, Fadly Amran mengungkapkan bahwa inovasi lahir bukan karena satu atau dua pemikiran tapi dipicu oleh atmosfer perubahan yang kuat dalam suatu lembaga atau organisasi. Apabila berbicara inovasi, tidak hanya mengimplementasikan tentang apa yang ada di luar untuk kemudian diterapkan dalam lembaga atau organisasi lalu disebut sebagai inovasi. Namun apa yang menjadi keperluan atau prioritas dari suatu lembaga, organisasi, ataupun masyarakat, kemudian dicarikan solusi terbaik untuk mewujudkannya.
“Melalui kerja sama ini diharapkan dapat memunculkan inovasi yang dapat merubah karakter, mindset, dan cara berorganisasi kami di Kota Padang Panjang." tutup Fadly.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM, Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH., M.A., Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi, Dr. Basseng, M.Ed., Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara, Dr. Agus Sudrajat, S.Sos., M.A. dan Jajaran Kepala Dinas OPD Kota Padang Panjang.