Cetak Pemimpin Birokrasi yang Solutif, LAN Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan I










Dalam konteks pembangunan Aparatur Sipil Negara (ASN), Presiden Joko Widodo telah memberikan perhatian besar akan perlunya membentuk sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Hal tersebut memiliki urgensi yang tinggi oleh karena adanya dua momentum penting yang akan disongsong oleh Indonesia, yakni Birokrasi Berkelas Dunia tahun 2024 dan Indonesia Emas 2045. Birokrasi Berkelas Dunia dan Indonesia Emas hanyalah akan menjadi istilah belaka jika tidak didukung dengan usaha, komitmen dan konsistensi untuk memperbaiki kualitas tata kelola pemerintahan dan terlebih kualitas SDMnya, yang menjadi pondasi kuat agar Indonesia semakin berdaya saing dan siap menjadi negara yang maju. Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si. saat membuka secara resmi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan I Tahun 2020 di Graha Makarti Bhakti Nagari, Pejompongan, Jakarta, Kamis (13/2).

“Kunci membangun Birokrasi Berkelas Dunia adalah dengan membangun ASN yang berkualitas dunia. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah dengan mempersiapkan pimpinan yang ada di pemerintahan agar memiliki kemampuan dan wawasan yang mumpuni,” tambah Adi Suryanto.

Lebih lanjut, di depan ke 60 peserta PKN Tingkat II Angkatan I, Adi Suryanto berharap bahwa melalui PKN Tingkat II ini, para pimpinan organisasi dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas kepemimpinannya. Terlebih, era yang serba dinamis menuntut agilitas organisasi dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

“Pimpinan sebagai tanduk dari suatu organisasi memiliki peran yang sangat vital, dimana seorang pimpinan harus mengetahui permasalahan yang dihadapi organisasinya, serta mampu menentukan solusi atas permasalahan yang dihadapi melalui cara dan metode baru serta mendorong hingga tataran bawah agar kontribusi yang diberikan kepada organisasi dapat maksimal,” jelasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN, Dr. Agus Sudrajat, S.Sos., M.A., Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Nasional dan Manajerial ASN, Erfi Muthmainnah, SS., M.A., para Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan LAN, para widyaiswara, dan perwakilan instansi pengirim peserta. (humas)