STIA LAN Terima Visitasi Asesor BAN PT

Jakarta - Dalam rangka akreditasi program Magister Terapan Administrasi Pembangunan Negara (APN), tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan tinggi melakukan visitasi ke Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN), Kamis (5/7).

Visitasi tersebut menghadirkan dua asesor yakni Prof Paulus Israwan Setyoko, M.S. dari Universitas Soedirman dan Dr. H. Entang Adhy Muhtar, M.S. dari Universitas Padjajaran. Kedatangan tim tersebut diterima oleh Ketua STIA LAN Jakarta Dr. Makhdum Priyatno, M.A beserta jajaran, di Ruang Prayudi Atmosudirdjo.

Pada kesempatan itu, Makhdum menceritakan sejarah berdirinya STIA LAN Jakarta pada tahun 1960 dengan nama Perguruan tinggi Dinas Ilmu Administrasi Negara (PT DIAN) berdasarkan keputusan Menteri Pertama RI No. 578/MP/1960. Kemudian pada tahun 1964 berdiri pula akademi Ilmu Administrasi dan yang kemudian dengan PT DIAN berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN).

Dalam proses visitasi ini, tim asesor melakukan klarifikasi terkait isi borang yang mereka terima dengan melihat secara faktual terutama terkait dengan fasilitas pembelajaran.  Pada kesempatan yang sama, Ketua STIA LAN Jakarta menjelaskan pihaknya telah melakukan persiapan dalam rangka re-akreditasi ini.

Selain melakukan komunikasi, Tim Asesor melakukan tanya jawab dan pemeriksaan bukti fisik kegiatan akademik di Jurusan, Program Studi dan juga melakukan peninjauan pada sarana kampus yang ada seperti ruang perkuliahan, perpustakaan, laboratorium serta prasarana penunjang lainnya.

Proses visitasi ini berguna untuk meningkatkan mutu pengelolaan akademik di instansi kependidikan agar lebih baik lagi kedepannya. Verifikasi dan validasi dilakukan oleh kedua asesor terhadap data yang telah tertulis di borang yang diajukan. Dan harapan program Magister Terapan APN segera mendapatkan akreditasi. (choky/budiprayitno)

 

Last modified on Selasa, 31 Juli 2018 09:43