PNS Merupakan Aset Negara Featured

Jakarta - Pemerintah saat ini terus berupaya membawa Indonesia untuk bisa bersaing dengan negara lain. Untuk itu pemerintah mengharapkan Calon Pegawai Negeri Sipil yang baru direkrut untuk menjadi aset negara yang memberikan manfaat untuk negara bukan malah menjadi beban negara.

"Anda semua sebagai human capital, mulai dari rekrutmen sampai dengan latihan dasar merupakan bentuk investasi yang dilakukan negara. Sehingga pada saat nanti bekerja, negara kita tidak kalah bersaing dengan negara lain,” kata Menteri PAN & RB, Asman Abnur saat melakukan audiensi dan memantau pelaksanaan Latsar CPNS di Auditorium Wicaksana, Kampus PPLPN LAN Pejompongan, Jakarta, Kamis (5/7).

Asman mengatakan, pemerintah saat ini terus melakukan pembenahan dalam sistem rekrutmen CPNS. Langkah ini ditempuh untuk mendapatkan calon pegawai yang benar-benar memiliki kompetensi yang dibutuhkan.

“Selain sistem rekrutmen, sistem pendidikan dan pelatihan bagi ASN juga terus disempurnakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN). Dengan demikian, calon pegawai dari berbagai instansi nantinya betul-betul bermanfaat untuk negara,” kata dia.

Asman menuturkan, tingkat keberhasilan pegawai pada masa mendatang dapat dilihat dari bagaimana pegawai itu bermanfaat untuk unit kerjanya.

"Apa kontribusinya terhadap outcome yang dilakukan unit kerjanya. Jadi tidak boleh seseorang itu hadir dalam suatu unit kerja tetapi tidak ada manfaatnya," tambah Menpan.

Terakhir Menpan berpesan, selain kinerja seorang ASN harus mempunyai keberanian untuk melakukan inovasi dan membuat perubahan-perubahan.

"Di jaman yang milenial sekarang perubahan itu begitu cepat, tidak bisa kita bendung, kita harus menjadi bagian dari perubahan, jangan hanya jadi pengikut tapi kita menjadi bagian yang membuat perubahan" tutup Menpan. (Mustopa/budiprayitno)