Pemkab Serang Jalin Kerjasama dengan LAN Featured

Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Penandatanganan Nota Kesepahaman itu juga menandai dimulainya Laboratorium Inovasi dan upaya perbaikan tata kelola pemerintahan di Kabupaten Serang.

Kepala Lembaga Administrasi Negara Dr. Adi Suryanto, M.Si mengatakan penandatanganan Nota Kesepahaman ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi Pemerintah Kabupaten Serang dalam melakukan perbaikan tata kelola pemerintahan di lingkungannya.

“Sejauh ini Lembaga Administrasi Negara (LAN) telah melakukan banyak sekali advokasi dalam mendorong perbaikan tata kelola pemerintahan di Indonesia. LAN juga terus menginisiasi munculnya inovasi sektor publik untuk merubah wajah birokrasi di Indonesia,” jelasnya saat memberikan sambutan usai penandatanganan Nota Kesepahaman di Aula Tb Suandi, Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Serang, Rabu (17/1).

Penandatanganan Nota Kesepahaman itu dilakukan langsung oleh Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah dengan disaksikan Sekertaris Daerah Kabupaten Serang Agus Erwana, Kepala OPD di lingkungan Kabupaten Serang, serta Deputi Bidang Inovasi Administrasi Negara LAN Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, MA.

Kepala LAN mengatakan, dengan adanya inovasi yang telah diinisiasi LAN, saat ini sendiri setidaknya sudah tercatat sebanyak 18 ribu inovasi telah digagas oleh aparatur sipil negara.

“Ini adalah satu prestasi yang membanggakan karena citra aparatur yang dulu sudah mulai berubah dengan munculnya inovasi sektor publik yang dilakukan,” kata dia.

Kepala LAN mengungkapkan, saat ini sendiri sudah sebanyak 40 kabupaten/kota yang meminta LAN untuk memfasilitasi program Laboratorium Inovasi. Meski demikian, tidak semua berjalan dengan baik. Ada beberapa daerah yang tidak berjalan optimal karena kurangnya komitmen dari kepala daerah untuk mendukung program tersebut.

Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kabupaten Serang atas terjalinnya kerja sama ini. Semoga Kabupaten Serang bisa menyalip daerah lain dalam mengembangkan inovasinya yang bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Bupati Serang Tatu Chasanah mengatakan, sangat mengapresiasi kesediaan LAN untuk menjadikan Kabupaten Serang sebagai Laboratorium Inovasi. Dia mengatakan sangat mendorong seluruh pejabat di lingkungannya untuk terus melakukan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Pemkab Serang terus mendorong para pegawai yang mengikuti Diklat Kepemimpinan untuk memberikan inovasi baru yang dapat diterapkan guna meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat sesuai dengan tujuan, visi dan misi kabupaten Serang,” jelasnya.

Bahkan, lanjut Tatu, dia juga mewajibkan seluruh organisasi perangkat daerah untuk terus melakukan terobosan secara konsisten dan berkesinambungan dalam melayani masyarakat.

“Saya meyakini melalui asistensi yang dilakukan LAN terhadap Kabupaten Serang, kelak kami akan menjadi daerah tujuan benchmark inovasi dari pemerintah kabupaten/kota lainnya di Indonesia,” kata Tatu optimis. (choky/budiprayitno)

 

 

 

Last modified on Selasa, 23 Januari 2018 11:09