Pemerataan Sebaran ASN Dibutuhkan untuk Perbaikan Pelayanan Publik Featured

Jakarta - Belum meratanya sebaran aparatur sipil negara (ASN) dinilai sebagai penyebab tak kunjung membaiknya mutu pelayanan publik. Sebagian besar ASN saat ini masih terkonsentrasi di kota-kota besar di Pulau Jawa. Padahal, pemerataan sebaran ASN dan kompetensi aparatur menjadi kunci perbaikan kinerja birokrasi.

“Sebaran konsentrasi PNS di kota-kota besar ini menjadi persoalan yang dilematis. Karena akhirnya mereduksi kehadiran negara, khususnya di daerah-daerah terpencil yang membutuhkan pelayanan,” kata Kepala LAN Dr. Adi Suryanto, M.Si saat memberikan sambutan dalam acara “Pameran Inovasi dan Budaya Nasional Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tk. I Angkatan XXXIX, di Graha Makarti Bhakti Nagari, Kampus PPLPN LAN Pejompongan, Selasa (23/10).

Menurut Kepala LAN, perlu ada upaya penataan ulang terhadap distribusi PNS. Dengan demikian, setiap warga negara mampu merasakan kehadiran peran negara melalui aparaturnya di setiap wilayah, termasuk wilayah terluar ataupun terpencil.

Gelaran pameran inovasi dan budaya nasional yang saat ini kita pamerkan, lanjut Kepala LAN, menjadi cerminan bahwa Indonesia itu sangat luas. Wilayahnya tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai keragaman suku, agama, budaya, dan karakteristiknya.

“Pameran ini memberikan gambaran bahwa penyebaran ASN harus merata dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia,” tambah dia.

Menurut Kepala LAN, pameran inovasi dan budaya ini juga mengandung pesan bahwa peserta Diklat Kepemimpinan Nasional Tk. I yang berasal dari berbagai instansi dan pemerintah daerah harus memiliki pemikiran yang holistik dalam memandang persoalan bangsa. Selain itu, pelatihan kepemimpinan ini juga menjadi wujud keseriusan pemerintah untuk mencetak para pimpinan nasional meskipun terhalang oleh kendala geografis maupun budaya.

“Jadi kendala geografis maupun budaya bukanlah halangan tapi menjadi pendorong bagi kita semua bahwa pengembangan kompetensi itu merupakan hak setiap aparatur. Dengan demikian pemerataan kompetensi menjangkau ke semua wilayah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala LAN Dr. Adi Suryanto, M.Si juga meninjau stand pameran para peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional yang berisi hasil proyek perubahan dan inovasi yang dilakukan para peserta. Selain itu, stand pameran itu juga dihias dengan tema budaya sesuai dengan asal wilayah para peserta pelatihan. (choky/budiprayitno)