Pelatihan RLA Menghilangkan Sekat-sekat Dalam Birokrasi Featured

Jakarta - Persoalan koordinasi lintas instansi, tingginya ego sektoral, dan sikap mental individual menjadi hambatan besar dalam capaian efektivitas dan efisiensi kebijakan serta program pemerintah. Sekat dalam birokrasi ini harus segera dihilangkan agar mampu mempercepat proses pembangunan.

Kepala Lembaga Administrasi Negara Dr. Adi Suryanto, M.Si mengatakan, sejumlah persoalan itu coba diatasi dengan menggagas pelatihan Reform Leader Academy. Pelatihan ini berupaya menjawab sejumlah isu nasional yang dihadapi dengan mendorong terwujudnya policy paper yang akan menjadi bahan masukan bagi pemerintah.

Sejumlah isu seperti “ease of doing business, business regulatory framework, connectivity for better synergi” dan tema-tema lainnya tentu memiliki keterkaitan antara satu instansi dengan instansi lainnya. Disinilah kerjasama lintas sektor secara sinergis mampu menghilangkan sekat-sekat dalam birokrasi kita, kata dia saat memberikan sambutan pada acara Evaluasi Pasca Pelatihan Reform Leader Academy, Jumat (24/11).

Menurut Kepala LAN, sinergitas antar instansi pemerintah dalam mewujudkan policy paper sesuai dengan isu yang berkembang itu tidak hanya rekomendasi kebijakan yang sifatnya normatif semata. Harus ada rencana aksi yang terukur, terarah dan dapat diimplementasikan.

Pelatihan Reform Leader Academy ini merupakan pelatihan yang dikembangkan untuk menghasilkan pemimpin reformasi melalui kegiatan project based dan result oriented dengan metode action learning. Para peserta diharuskan membuat proyek perubahan berupa terobosan atau inovasi dalam bidang program atau pelayanan publik. Bahkan, dalam pemerintahan saat ini, pelatihan Reform Leader Academy menjadi salah satu program yang termasuk dalam prioritas nasional,” jelasnya.

Acara Evaluasi Pasca Pelatihan Reform Leader Academy bertujuan untuk melakukan identifikasi keberhasilan dan kelemahan-kelemahan dari penyelenggaraan Reform Leader Academy serta melakukan konsolidasi untuk membentuk alumni tidak hanya berbasis pada angkatan tetapi juga alumni Reform Leader Academy secara nasional. (alam/fat).

 

 

 

 

 

 

 

 

Last modified on Senin, 27 November 2017 09:11