Mari Wujudkan Open Government Partnership Featured

Jakarta – Pemerintah saat ini terus mendorong penciptaan open government partnership untuk menciptakan pemerintah yang transparan, efektif dan akuntabel. Hal ini diwujudkan dengan pemberdayaan masyarakat dan responsif terhadap aspirasi masyarakat.

Ketua STIA LAN Dr. Makhdum Priyatno, MA mengatakan, open government partnership dapat diwujudkan salah satunya melalui inovasi yang dihasilkan para pimpinan tinggi instansi pemerintah.

“Semua Kementerian/Lembaga/Pemda harus mulai mengarah ke open government partnership dengan melibatkan peran serta aktif masyarakat,” jelasnya saat mewakili Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si dalam pembukaan Pameran Inovasi Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat I angkatan XXXVI di Graha Makarti bhakti Nagari, Pejompongan, Kamis (14/9).

Menurut dia, selain mendorong prinsip keterbukaan dan pelibatan aktif masyarakat dalam rangka pengawasan pemerintahan, inovasi yang dihasilkan para peserta Diklatpim Tk. I ini juga memberikan wawasan baru bagi semua pihak.

“Yang lebih penting lagi adalah memberikan kesempatan kerja sama antar lintas instansi pemerintah. Apalagi, inovasi yang telah dilakukan efektif untuk memecahkan berbagai permasalahan khususnya di sektor publik,” jelasnya.

Makhdum mengatakan, pameran inovasi hasil Diklat Kepemimpinan yang telah dihasilkan ini menjadi ajang artikulasi, visualisasi, ekspresi dan manifestasi proyek perubahan yang telah dianalisa kebutuhannya sesuai dengan instansi masing-masing.

“Melalui ajang pameran inovasi ini, saya berharap peserta dan pengunjung pameran dapat mengubah mindset dalam berpacu menciptakan inovasi baru untuk kepentingan publik dalam mencapai cita-cita bangsa,” pungkasnya. (choky/budiprayitno)

 

 

Last modified on Senin, 18 September 2017 03:54