LAN Tetapkan Standar Tinggi Kelulusan Latsar CPNS Featured

Jakarta – Sebanyak 199 peserta telah selesai mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Angkatan I sampai V yang diselenggarakan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Kepala Lembaga Administrasi Negara Dr. Adi Suryanto M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa LAN berkomitmen untuk menjaga kualitas aparatur birokrasi melalui penetapan standar yang tinggi dalam Latsar CPNS ini

“Latsar saat ini memungkinkan peserta untuk ditunda kelulusannya, sebagai upaya kita untuk mewujudkan birokrasi yang profesional. Ada standar nilai yang harus mereka penuhi,” katanya saat memberikan sambutan pada Upacara Pelepasan Peserta Pelatihan Dasar CPNS, di Kampus PPLPN LAN Pejompongan, Kamis (6/9). Pelatihan Dasar itu diikuti lima Angkatan yang terdiri dari berbagai instansi seperti LAPAN, BKPM, ANRI, LAN serta Kabupaten Musi Banyu Asin.

Secara garis besar, lanjut Kepala LAN, ada beberapa komponen yang menentukan lulus tidaknya seorang peserta latsar. Secara persentase, penilaian dilakukan dalam beberapa bagian. Penilaian akademik berbobot 20 persen, penilaian rancangan aktualisasi 20 persen, penilaian pelaksanaan aktualisasi 30 persen, penilaian sikap dan perilaku 10 persen, dan penilaian penguatan kompetensi bidang 20 persen.

“Semua komponen penilaian itu memegang peran penting. Jadi tidak ada yang bisa disepelekan karena saling mempengaruhi,” jelasnya.

Kepala LAN Dr. Adi Suryanto menekankan bahwa upaya membentuk birokrasi yang profesional harus ditanamkan sejak dini. Instansi juga harus bergerak cepat ketika menilai ada CPNS yang berpotensi menjadi masalah bagi organisasi.

“Deteksi dini terhadap CPNS yang bermasalah harus dilakukan sebelum orang-orang yang bermasalah menjadi beban dan penyakit organisasi. Potong sejak awal daripada 10 atau 20 tahun ke depan menjadi masalah,” tegasnya. (budiprayitno)

 

Last modified on Rabu, 12 September 2018 07:49