LAN Serahkan Sertifikat Akreditasi Bandiklat Kemhan Featured

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) menyerahkan sertifikasi akreditasi Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan. Sertifikat akreditasi itu diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si  kepada Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jl. Medan Merdeka Barat, Kamis (5/1).

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si. dalam sambutannya mengatakan pemberlakuan UU No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) menunjukkan komitmen Pemerintah terhadap pola pengelolaan ASN. Dengan demikian, pola pendidikan dan pelatihan bagi ASN juga harus memenuhi standar kualitas untuk mewujudkan ASN yang profesional.

“Amanat tentang pengembangan kompetensi mendapatkan penekanan yang cukup besar dalam UU ASN di mana pengembangan kompetensi merupakan hak setiap ASN yang harus dipenuhi oleh setiap instansi pemerintah,” kata dia.

Pengembangan kompetensi ASN harus dikembangkan dengan berbagai metode seperti penyelenggaraan seminar, workshop, program magang, detasering dan sebagainya.

“Lembaga Diklat harus memiliki komitmen yang kuat untuk maju dan berkembang. Sumber daya memang terbatas tetapi kreativitas tidak boleh terbatas,” lanjutnya.

Komitmen dan kreativitas mengembangkan berbagai bentuk kegiatan pengembangan kompetensi yang dilakukan oleh lembaga diklat harus seimbang dengan komitmen menjaga kualitas penyelenggaraan dan output yang dihasilkan. Keseimbangan komitmen tersebut akan memberikan kepercayaan publik yang semakin tinggi terhadap lembaga diklat dalam menghasilkan para pelayan masyarakat yang semakin kompeten dari waktu ke waktu. Untuk itu, secara kontinyu LAN akan memastikan keseimbangan komitmen tersebut melalui berbagai program pembinaan diklat.

Menteri Pertahanan Ryamirzard Racudu memberikan apresiasi atas pemberian sertifikasi akreditasi kepada Bandiklat Kemhan.

“Pemberian akreditasi dari LAN dan BAN-PNF ini menunjukkan kerja keras Bandiklat Kemhan untuk terus berupaya memenuhi standar mutu, efisiensi, efektifitas dan akuntabilitas dalam pengembangan program diklat di lingkungannya,” jelasnya.

Pemberian sertifikasi akreditasi oleh LAN dan BAN-PNF juga merupakan bentuk jaminan kualitas terhadap penyelenggaraan Diklat yang dilaksanakan oleh Bandiklat Kemhan.

Dengan menerapkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam program diklatnya, Menteri Pertahanan berharap Bandiklat Kemhan mampu memelihara dan meningkatkan kemampuan SDM Pertahanan.

Kepala LAN Dr. Adi Suryanto, M.Si juga menegaskan LAN akan terus menerus mendampingi Kementerian Pertahanan dalam penyiapan ASN di lingkungannya melalui pengembangan program-program pelatihan dan non pelatihan maupun kemandirian lembaga diklat di dalamnya melalui akreditasi lembaga diklat.

Adapun LAN memberi akreditasi untuk sejumlah institusi yang tergabung dalam Badiklat Kemenhan. Di antaranya, Pusdiklat Teknik dan Fungsi Badan Diklat Kemenhan (Tekfunghan) ditetapkan sebagai lembaga yang terakreditasi penyelenggara Diklat Teknis Administrasi Umum Tingkat III dan Diklat Teknis Alih Golongan dari Golongan II ke Golongan III bagi PNS.

Kemudian, Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemenhan ditetapkan sebagai instansi Pengakreditasian Diklat Teknis Admibistrasi Umum Tingkat III dan Diklat Teknis Alih Golongan dari Golongan II ke Golongan III bagi PNS. Selain itu, sejumlah Diklat Teknis Pertahanan lainnya juga mendapatkan akreditasi dari LAN. (dan/must/humas)

Last modified on Kamis, 05 Januari 2017 14:50