LAN Luncurkan Sistem Informasi Manajemen SDM Featured

Jakarta - Lembaga Administrasi Negara (LAN) meluncurkan Sistem Informasi Manajemen SDM untuk memudahkan pengelolaan data pegawai di lingkungan LAN.

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia LAN Iih Faihah mengatakan, Sistem Informasi Manajemen SDM berisi data base pegawai sejak yang bersangkutan masuk sebagai CPNS hingga pensiun. Diharapkan, sistem ini akan memudahkan para pegawai yang ingin mengakses data dirinya.

“Sistem Informasi ini akan mengakomodasi berbagai data pegawai, seperti Riwayat Pendidikan, Riwayat Diklat, Kursus, Seminar, Penghargaan, SK CPNS, SK Kenaikan Pangkat, Kartu Taspen, Kartu Suami/Istri, Daftar Riwayat Hidup, serta masa pensiun,” jelasnya saat launching Sistem Informasi Manajemen SDM LAN, di Auditorium Gedung B Lt. 8 Kantor LAN Pusat, Selasa (20/12).

Selain basis data tersebut, lanjut dia, Sistem Informasi yang dibangun ini juga akan dilengkapi dengan notifikasi atau pemberitahuan kepada para pemangku jabatan fungsional tertentu di lingkungan LAN. Notifikasi atau pemberitahuan itu berupa informasi jumlah angka kredit yang dimiliki, jumlah angka kredit yang dibutuhkan untuk kenaikan jabatan sampai dengan peringatan bagi para pemangku jabatan fungsional tertentu terkait tenggat waktu batas pengumpulan angka kreditnya (khusus JFT yang masih ada masa pembebasan).

Diharapkan, setiap pemangku jabatan fungsional tertentu menjadi perhatian terhadap jabatannya dan terhindar dari pembebasan sementara maupaun pemberhentian.

“Jadi tidak ada alasan lagi bagi para pemangku jabatan fungsional tertentu yang menyatakan mereka tidak ingat dengan batas waktu pengumpulan angka kreditnya. Karena semua sudah diakomodasi dalam sistem informasi manajemen SDM,” kata dia.

Iih Faihah menambahkan, selama masa pemenuhan kelengkapan data pegawai, pihaknya memberikan kesempatan kepada para pegawai di lingkungan LAN untuk melengkapi data dirinya sesuai dengan sub menu yang tersedia di aplikasi.

“Setiap pegawai akan memperoleh user name dan password yang dapat digunakan untuk mengakses dan melakukan revisi terhadap data pribadinya. Meski demikian, seluruh perubahan data dan dokumen kepegawaian yang dilakukan user akan divalidasi oleh bagian SDM LAN,” kata dia.

Sistem Informasi Manajemen SDM LAN bisa diakses di http://simsdm.lan.go.id dan notifikasi JFT dapat diakses di http://jft.lan.go.id  serta akan secara efektif diberlakukan per Januari 2017 dan disosialisasikan ke seluruh kantor perwakilan di lingkungan LAN. Kedua sistem informasi tersebut secara bertahap akan terintegrasi menjadi satu sistem aplikasi di akhir tahun 2017. (Humas)

Last modified on Selasa, 20 Desember 2016 13:41