Kick Off Sertifikasi ISO 9001 Kedeputian Diklat Aparatur LAN Featured

Jakarta - Lembaga Administrasi Negara saat ini tengah mendorong percepatan kualitas pendidikan dan pelatihan aparatur dengan melakukan sertifikasi ISO 9001 : 2015. Sertifikasi ISO 9001 ini merupakan upaya konkret untuk memperbaiki layanan pelanggan dan standar manajemen mutu sesuai standar internasional.

“LAN saat ini terus mendorong perbaikan sektor Diklat dengan membangun kultur kualitas. Sertifikasi ISO ini hanya sebagian kecil dari upaya LAN untuk memberikan penekanan pada percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik yang ditujukan pada kesiapan para pengelola pelayanan publik dan budaya pelayanan yang lebih bermutu sesuai dengan standar yang ada,” jelas Kepala Lembaga Administrasi Negara Dr. Adi Suryanto, M.Si saat memberikan sambutan Kick Off Sertifikasi ISO 9001 : 2015 Kedeputian Diklat Aparatur dengan tema “Memantapkan Kinerja Pelayanan, Pembinaan dan Penyelenggaraan Diklat Aparatur di Indonesia," di halaman Auditorium Wicaksana, Kampus PPLPN LAN Pejompongan Jakarta.

Kepala LAN Dr. Adi Suryanto menegaskan selain pentingnya membangun kultur pelayanan publik sesuai standar internasional, seluruh pihak di lingkungan Kedeputian Diklat Aparatur juga perlu mencari terobosan serta inovasi dengan mengembangkan layanan berbasis elektronik pada setiap jenis layanan yang diberikan,  khususnya kepada para stakeholders yang selama ini menjadi mitra kerjanya.

“Karena Standar ISO 9001 ini akan mengikat perilaku pegawai dalam proses pelayanan yang dilakukan. Untuk itu, mari kita wujudkan kebersamaan, komitmen baru, serta perspektif baru perubahan budaya kerja di LAN,” jelasnya.

Untuk diketahui, ISO 9001 merupakan sertifikasi yang berorientasi pada layanan pelanggan dan standar manajemen mutu yang diadopsi pada tahun 2000 oleh International Organization for Standardization (ISO).

Menurut standar ini, sebuah organisasi harus menunjukkan kemampuan untuk memenuhi atau melampaui kepuasan pelanggan dalam hal fungsi produk, kualitas dan kinerja. Organisasi juga harus selalu menerapkan peraturan, standar industri, dan praktik terbaik mengenai proses produksi dan hasil.

Bersamaan dengan Kick Off ISO 9001 ini juga diselenggarakan Awareness Training ISO 9001 : 2015 yang melibatkan seluruh pegawai di lingkungan Kedeputian Diklat Aparatur LAN. Setidaknya ada lima output yang akan dihasilkan dalam ISO 9001 : 2015 di antaranya : 1) Standar di Bidang Pembinaan Diklat Aparatur, 2) Standar di Bidang Kualitas Widyaiswara, 3) Standar di Bidang Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Nasional, 4) Standar di Bidang Penyelenggaraan Diklat Teknis dan Fungsional, 5) Standar di Bidang Penyelenggaraan Training Bahasa serta Perpustakaan. (choky/budiprayitno/humas)

Last modified on Rabu, 17 Mei 2017 09:35