Kepala Daerah Kunci Utama Daya Saing Daerah Featured

Banjarmansin – Kepala Daerah memegang peran penting dalam mendorong kreatifitas dan inovasi daerah. Kepala daerah harus keluar dari zona nyaman dan mendorong inovasi agar mampu menumbuhkan daya saing daerahnya.

“Pemimpin daerah harus memiliki leadership yang dinamis sehingga tidak hanya mampu memotivasi tetapi juga berani mengambil resiko terhadap segala kemungkinan yang terjadi atas keputusannya itu,” jelas Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M. Si pada acara Talkshow Inovasi bertema “Meningkatkan Daya Saing Daerah dengan Inovasi" di kantor BPSDM Propinsi Kalimantan Selatan, Banjar Baru, Jumat (4/8).

Menurut Kepala LAN, peran penting pemimpin dalam mendorong keberhasilan wilayah dapat dilihat dari sejumlah inovasi yang dilakukan sejumlah daerah. Pemimpin yang inklusif terbukti mampu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi pembangunan yang berorientasi pada pelayanan publik.

“Banyak keberhasilan yang ditunjukan kepala daerah yang inovatif, khususnya dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala LAN juga menyinggung inovasi daerah yang diciptakan para alumni diklat kepemimpinan yang masih belum berjalan optimal. Dia mengingatkan agar para kepala daerah terus mengevaluasi setiap gagasan inovasi yang telah diciptakan agar bermanfaat.

Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Kementerian Dalam Negeri,  Gunawan mengatakan, otonomi daerah yang digagas pemerintah pada dasarnya memang memberikan ruang kreativitas dan inovasi kepala daerah.

“Kalau daerah-daerah bisa kreatif dan didukung anggaran kuat serta kepala daerah yang inovatif, maka itu akan melahirkan daerah-daerah yang lebih maju,” jelasnya.

Gunawan menambahkan, sebagai regulator, Kemendagri mendukung jika ada Lembaga Pemerintah atau Non Pemerintah untuk menyelenggarakan kompetisi antardaerah untuk memajukan pembangunan di daerah otonom. Hal ini akan membuat kepala daerah berlomba-lomba untuk meningkatkan daya saing inovasi di daerahnya. 

“Jika kepala daerah memiliki jiwa leadership yang baik dan didukung dengan kualitas sdm aparatur yang mumpuni,  maka peningkatan pelayan publik dapat meningkat dan ujungnya daya saing daerah akan mengikuti,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Palangkaraya, Riban Satia mengutarakan pengalamannya dalam melakukan inovasi di daerahnya. Dia mengatakan, dirinya terus mendorong peningkatan kapasitas ASN guna mendorong daya saing daerah tidak hanya secara regional tetapi nasional. (choky/budiprayitno)