Inovasi Sektor Publik Bukti Pemerintah Hadir Featured

Jakarta – Peningkatan kinerja pemerintah daerah bisa dilakukan melalui inovasi sektor publik untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Program inisiasi dalam pelayanan yang dibangun juga harus membawa manfaat bagi semua pihak. 

“Sebagai bukti pemerintah hadir di tengah masyarakat, pemerintah harus memberikan pelayanan publik yang terbaik melalui berbagai terobosan dan inovasi baru,” kata Kepala Lembaga Administrasi Negara, Dr. Adi Suryanto, M.Si pada acara “Apresiasi Inovasi dan Forum Replikasi Inovasi,” di Graha Makarti Bhakti Nagari, Jakarta, Selasa (30/10).

Menurutnya, inovasi sektor publik tidak bisa dilepaskan dari peran pemimpin. Komitmen dan kapasitas personal seorang pemimpin dalam membawa perubahan menjadi faktor kunci keberhasilan perubahan atas inovasi yang dihasilkan.

“Saya sangat mengapresiasi kepala daerah yang telah berhasil mendorong perbaikan kualitas pelayanan publik melalui berbagai inovasi yang telah diciptakan,” ujarnya.

Adi Suryanto mengungkapkan, LAN selama ini terus mendorong inovasi sektor publik melalui program advokasi laboratorium inovasi. Tidak hanya itu saja, melalui Diklat Kepemimpinan di semua level, LAN juga mendorong setiap peserta diklat kepemimpinan untuk menghasilkan proyek perubahan.

“Perubahan pola diklat kepemimpinan ini juga menjadi salah satu cara LAN mendorong munculnya inovasi-inovasi baru di sektor publik. Hingga kini setidaknya 80.000 inovasi telah tercipta,” kata dia.

Menurut Adi, jika ingin berhasil mewujudkan birokrasi berkelas dunia, pemerintah baik di pusat maupun daerah harus mulai berbenah dengan melakukan perbaikan terhadap semua aspek pemerintahan, khususnya dalam menghadapi era artificial intelegence saat ini.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan penghargaan INAGARA Award kepada 26 kabupaten/kota yang telah berhasil mengembangkan inovasi untuk pelayanan publik yang lebih baik di daerahnya. (choky/budiprayitno)

 

 

Last modified on Senin, 05 November 2018 10:08