Inovasi Menjadi Kunci Hadapi Global Megatrends Featured

Bali – Perbaikan terhadap kualitas sumber daya aparatur sipil negara menjadi faktor kunci dalam menghadapi era Global Megatrends. Selain itu, inovasi di sektor pelayanan publik menjadi upaya lain untuk mengantisiasi perubahan global tersebut.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin mengatakan, akan memprioritaskan perbaikan kualitas aparatur sipil negara untuk mengimbangi kecanggihan teknologi sebagai konsekuensi dari perubahan lingkungan global.

“ASN ke depan akan kami benahi dengan meningkatkan kualitas mereka melalui pendidikan dan pelatihan yang berkualitas,” kata dia usai memberikan pidatao pembukaan EROPA Conference 2018, di Nusa Dua, Bali, Senin (17/9).

Syafruddin menyadari kompetensi aparatur sipil negara melalui pendidikan dan pelatihan berkelanjutan sangat penting untuk menunjang kualitas layanan publik. Selain diklat, hal lain yang juga dilakukan adalah melalui pertukaran sumber daya aparatur antar lembaga pemerintah dan non pemerintah maupun kerjasama dalam dan luar negeri.

Kepala Lembaga Administrasi Negara Dr. Adi Suryanto, M.Si mengatakan perubahan global yang saat ini terjadi telah menyebabkan dampak terhadap semua sektor. Tidak hanya berimbas kepada lembaga pemerintahan namun juga sektor swasta. Semua pihak pada akhirnya dituntut mengubah cara mereka melakukan bisnis, termasuk membangun strategi dalam menghadapi global megatrends.

“Selain kecanggihan teknologi yang berkembang pesat, perubahan besar global saat ini juga terkait dengan revolusi industri 4.0, perang ekonomi negara besar perubahan iklim, dan perubahan demografi. Untuk itu kita pelu melakukan inovasi sektor publik agar mampu menghadapi global megatrends,” kata dia. (Humas)