Gubernur Bali Dukung LAN Selenggarakan EROPA Conference 2018 Featured

Denpasar – Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN) Sri Hadiati WK diterima Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam rangka melaporkan rencana Konferensi EROPA 2018 yang mengambil tema “Public Administration in Managing Global Megatrends : People, Public Services, Institutions, and Ethics”, di Kantor Gubernur Bali, Jl. Basuki Rahmat, Sumerta Kelod, Denpasar, Kamis (15/3).

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan sangat mengapresiasi rencana konferensi yang akan diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara pada 16-20 September mendatang di Sofitel Nusa Dua Bali. Konferensi akan diikuti sekitar 400 peserta dari dalam dan luar negeri serta berlangsung selama lima hari.

“Saya sangat mendukung dan siap membantu suksesnya kegiatan tersebut. Apalagi tema yang diusung dalam konferensi ini sangat relevan dengan perkembangan teknologi dan informasi yang saat ini semakin memudahkan kita dalam berinteraksi. Mudah-mudahan akan banyak manfaat yang bisa diambil dengan kegiatan ini,” jelasnya.

Made Mangku Pastika dalam kesempatan itu juga menyampaikan sejumlah masukan terkait pendidikan dan pelatihan bagi aparatur sipil negara di Indonesia. Di era kemajuan teknologi dan informasi seperti sekarang, menurut dia, sudah saatnya pola pendidikan dan pelatihan bagi aparatur sipil negara mulai mengadopsi pendekatan teknologi seperti e-learning dan e-diklat.

“Sudah saatnya e-learning dan e-diklat digunakan untuk menutup kesenjangan kompetensi di antara aparatur sipil negara kita. Saya yakin hal ini akan semakin efektif dan efisien dari berbagai segi,” kata dia.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Utama LAN Sri Hadiati mengatakan, sejumlah masukan yang disampaikan Gubernur Bali itu saat ini sedang dikerjakan oleh LAN. Bahkan Kepala LAN Dr. Adi Suryanto, M.Si sudah mencanangkan tahun 2018 sebagai tahun e-government bagi LAN. Konsekuensinya adalah seluruh proses administrasi, pembelajaran, pendidikan dan pelatihan akan memanfaatkan teknologi dan informasi untuk mempermudah semua proses pendidikan dan pelatihan.

“Kepala LAN sangat menaruh konsen terhadap pemanfaatan teknologi dan informasi. Kita saat ini sudah mengembangkan proses pembelajaran berbasis teknologi. Tahun ini sudah bisa digunakan untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan,” jelas dia.

Selain menghadap Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Sekretaris Utama LAN Sri Hadiati WK dengan didampingi Kepala Biro Perencanaan, Humas, Hukum dan Protokol Elly Fatimah, serta Kepala Pusat Pengembangan Program dan Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Renny Suzana juga melakukan rapat koordinasi dengan jajaran Kepolisian Daerah Bali, Dinas Pariwisata, serta BPSDM Provinsi Bali dalam rangka pelaksanaan EROPA Conference 2018. (budiprayitno/humas)

 

Last modified on Selasa, 20 Maret 2018 09:34