CSC Singapura Diskusikan Kerjasama dengan LAN Featured

Jakarta – Civil College Service (CSC) Singapura menggelar pertemuan dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam rangka pembahasan program kerja sama di tahun 2018. Sejumlah isu strategis yang didiskusikan dalam pertemuan itu antara lain pengembangan inovasi dan pengembangan kapasitas bagi para pembuat kebijakan.

Direktur Civil Service College (CSC) Internasional Tina Tan dalam pertemuan tersebut mengatakan, banyak sekali program kerja sama baru yang bisa dioptimalkan pada tahun 2018 ini.

“Kami ingin membahas proposal program yang menjadi prioritas LAN untuk tahun ini. Dari situ, kita akan bersama-sama merancang metode kerja sama untuk program tersebut,” jelasnya, di Ruang Sidang Pimpinan, Kantor LAN, Kamis (26/1).

Tina berharap bahwa pertemuan kali ini juga akan mampu mengeksplorasi ide-ide dan gagasan untuk dikembangkan menjadi program baru ke depan.

“Kami bermaksud untuk meneruskan kerja sama kami. Untuk itu, kami ingin memulai dengan mendengar apa-apa saja yang menjadi agenda utama LAN untuk diikutsertakan program di masa depan,” katanya.

Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN) Sri Hadiati mengatakan, saat ini LAN terus berfokus mengintegrasikan program kerjanya dengan program prioritas pemerintah dan kebijakan nasional.

LAN, lanjut dia, juga terus melakukan pengembangan kapasitas dan kompetensi pada level pembuat kebijakan untuk terus menumbuhkembangkan sifat inovatif dalam menghasilkan ide-ide guna meningkatkan pelayanan publik.

“LAN tidak hanya bergerak di bidang pelatihan dan pengembangan, tapi juga dalam hal inovasi. Saat ini kita terus mendorong peningkatan kapasitas aparatur dan perbaikan kualitas pelayanan publik,” jelasnya.

Hal senada juga dikemukakan Deputi Bidang Inovasi Administrasi Negara Tri Widodo. Menurut dia, LAN saat ini juga tengah mengakselerasi pemerataan kemampuan dalam berinovasi hingga ke pemerintah daerah.

“Terutama bagi daerah yang jaraknya jauh dan tertinggal dari pusat,” jelasnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, lanjut dia, LAN mengajukan tiga skenario antara lain program pertukaran pejabat eselon satu, mengundang pejabat senior dalam program pelatihan, hingga menyusun rancangan kurikulum yang sesuai dengan kebijakan saat ini.

Dari pertemuan ini, CSC Singapura maupun LAN sepakat untuk bekerja sama dalam program strategis bagi pengembangan kapasitas aparatur sipil. (ima/budiprayitno)

 

 

 

Last modified on Senin, 05 Februari 2018 04:43