ASN Jaman Now Harus Miliki Kecerdasan Emosional

Jakarta – Calon pegawai Aparatur Sipil Negara harus memiliki kecerdasan emosional untuk membantu mereka meraih kesuksesan dalam dunia kerja. Kecerdasan emosional penting karena dunia pekerjaan penuh dengan interaksi sosial.

“ASN jaman sekarang perlu dibekali dengan kecerdasan emosional karena sebagai pelayan publik mereka harus memiliki karakter yang baik. Orang yang cerdas secara intelektual di bidangnya akan mampu bekerja dengan baik. Namun jika ingin kecerdasan intelektual semata saja tidak cukup. Karena dia membutuhkan dukungan rekan kerja, bawahan maupun atasannya. Di sinilah kecerdasan emosional membantu seseorang untuk mencapai keberhasilan yang lebih jauh,” kata Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si saat menyerahkan Surat Keputusan CPNS kepada 241 Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Lembaga Administrasi Negara,  Rabu (28/2), di Auditorium Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA. Penyerahan SK CPNS ini juga dilakukan di seluruh kantor perwakilan LAN di daerah melalui fasilitas teleconference.

Menurut Kepala LAN, di tengah tingginya ekspektasi masyarakat terhadap kinerja pemerintah, para pegawai harus mampu secara cepat menunjukkan kinerjanya. Setiap pegawai yang kompeten pasti akan mampu mengomunikasikan kemampuannya dan menunjukkan kinerjanya bagi kemajuan ogranisasi.

“Setiap pimpinan memiliki mekanisme dan penilaian terhadap para pegawai yang unggul dan memiliki kinerja, kemampuan dan dedikasi yang luar biasa bagi organisasi. Maka sudah saatnya hal itu harus ditunjukkan,” kata dia.

Kepala LAN mengatakan, menjadi pegawai aparatur sipil negara bukanlah untuk mencari kenyamanan. Aparatur sipil negara harus hadir untuk melayani masyarakat dengan baik.  

“Dari ribuan pelamar, anda yang lolos seleksi adalah orang-orang terpilih. Tunjukan kualitas dan kompetensi anda bahwa memang anda layak untuk bekerja di LAN,” kata dia.

Selain memberikan ucapan selamat kepada seluruh CPNS, Kepala LAN berharap setiap calon pegawai LAN untuk terus menjaga integritas, loyalitas dan disiplin organisasi.

“Tetap jaga integritas dan disiplin organisasi. Kembangkan rasa sensitifitas terhadap lingkungan sekitar dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Hal lain yang juga perlu adalah kreatif dan inovatif dalam melakukan melakukan perubahan demi kemajuan organisasi. Karena masa depan bangsa ini ada di tangan kalian,” tutupnya. (choky/rima/budiprayitno)

 

 

Last modified on Jumat, 02 Maret 2018 08:47