Tingkatkan Pelayanan Publik, LAN Dampingi Kabupaten Mamuju Tengah melalui Laboratorium Inovasi

Jakarta – Setiap inovasi pelayanan publik seharusnya dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Namun tidak semua inovasi yang telah diciptakan oleh instansi pemerintah diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Hal ini pada akhirnya menimbulkan kesan bahwa pemerintah tidak tanggap terhadap permasalahan yang ada. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si pada pembukaan Laboratorium Inovasi di Kabupaten Mamuju Tengah melalui video conference, Selasa (19/5).

Lebih jauh Adi Suryanto menyampaikan bahwa seringkali inovasi pelayanan publik yang dilahirkan terkendala oleh kurangnya diseminasi kepada masyarakat. Oleh karena itu seharusnya dalam melahirkan inovasi juga harus dibarengi upaya diseminasi melalui berbagai kanal, seperti media sosial atau kanal lainnya yang mudah diakses oleh masyarakat. “Keberhasilan inovasi ditentukan oleh tiga hal, yaitu komitmen pimpinan, sumber daya manusia aparatur yang kompeten dan inovatif serta budaya inovasi.” tutup Kepala LAN.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Mamuju Tengah, Drs. H. Amin Jasa, MM juga mengatakan, dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, maka perlu dibangun budaya minimal satu inovasi setiap organisasi perangkat daerah. Hal ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam melakukan pembangunan yang berkelanjutan. Disadari bahwa masih banyaknya keterbatasan yang dimiliki Kabupaten Mamuju Tengah dalam mewujudkan hal tersebut. Oleh karenanya Amin berharap momen pendampingan LAN melalui Laboratorium Inovasi ini dapat meningkatkan pelayanan publik secara maksimal melalui inovasi-inovasi yang terprogram dan terencana.

Kegiatan launching Laboratorium Inovasi Kabupaten Mamuju Tengah ini juga dihadiri oleh Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo, MA, Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara, Dra. Isti Heriani, MBA dan Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintah, Dr. Andi Taufik, M.Si. (humas)