Presidential Lecture: ASN harus Inovatif, Melayani dan Bekerja Keras

JAKARTA - Di hadapan 6.198 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mengikuti Presidential Lecture 2019 di Istora Senayan Jakarta (24/7), Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres) Jusuf Kalla memberikan arahan bahwa ASN haruslah inovatif, melayani dan bekerja keras.

“Negara Indonesia yang selalu kita banggakan, yang kaya akan sumber daya alam akan habis pada waktunya. Namun demikian, ada hal yang tak akan habis, yaitu kemampuan kita untuk berkreasi dan berinovasi. Tidak ada negara yang berhasil tanpa bekerja keras.”

Dalam sambutannya, Wapres juga mengajak seluruh CPNS untuk memberikan pelayanan yang terbaik sesuai bidangnya masing-masing. “Jika menjadi guru, harus melayani muridnya dengan baik. Jika bekerja di kantor, harus mempercepat adminstrasi dan proses birokrasi di kantor masing-masing.”

Selain itu, Wapres juga menekankan bahwa ASN harus selalu meningkatkan pengetahuan dan kapasitasnya dalam memperbaiki pelayanan, melalui pemanfaatan teknologi. “Dalam persaingan global, kemajuan teknologi tidak dapat dielakkan. Ini semua tergantung pada kemampuan generasi milenial,”ujarnya.

Selain memberikan arahan, Wapres juga melakukan kolaborasi dengan para CPNS dengan memainkan perkusi secara bersama-sama. Perkusi yang dimainkan Wapres adalah jimbe, sedangkan untuk peserta lainnya memainkan rebana, shaker, tambourine, dan jimbe.

Kegiatan Presidential Lecture merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan Latsar CPNS secara nasional, sehingga Lembaga Administrasi Negara mewajibkan seluruh CPNS di Indonesia mengikuti dengan seksama baik secara langsung maupun melalui media TVRI.Dalam acara ini, sebanyak 14 orang CPNS LAN RI juga turut meramaikan rangkaian acara yang bertemakan “Sinergi Untuk Melayani”. Tidak ketinggalan CPNS LAN di Bandung, Makassar, Samarinda dan Aceh juga menyaksikan acara ini secara bersama-sama di kantor masing-masing.

Turut hadir sebagai undangan dalam kegiatan ini Sekretaris Utama LAN Dra. Reni Suzana, MPPM, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara Dr. Agus Sudrajat, S.Sos, MA, Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Dr. Basseng, M.Ed, Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo W.U, SH, MA dan sejumlah Pejabat Tinggi Pratama LAN. (Humas)