Perkuat Kompetensi Widyaiswara, LAN dan IWI Gelar Forum Komunitas Pembelajaran CoP melalui Metode Virtual

Jakarta – Banyak yang bisa dipetik sebagai pelajaran dari masa pandemi Covid-19 ini, salah satunya kita menjadi terbiasa menggunakan teknologi digital. Setelah pandemi selesai, kemajuan yang sudah ada harus dipertahankan, dan menjadi "New Normal" yakni beradaptasi menuju era baru dengan lebih banyak memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Kebijakan dan Pengembangan Kompetansi ASN, Dr. Muhammad Taufiq, DEA, saat membuka acara Community of Practices (CoP) Widyaiswara (WI) yang merupakan kerjasama Lembaga Administrasi Negara (LAN) dengan Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI), dengan tema "Tantangan Widyaiswara di Era Digital: Pembuatan Video Kreatif dalam Pembelajaran" melalui fasilitas video conference, Jumat (8/5).

“Smart ASN dituntut untuk mengembangkan diri secara terus menerus. Kondisi yang demikian, mengharuskan para Widyaiswara untuk lebih sigap dengan tuntuntan-tuntutan stakeholder, melahirkan berbagai macam inovasi, dan cara-cara baru yang lebih fleksibel. Ke depan kita tahu bahwa tidak bisa mengandalkan dana yang besar untuk pengembangan kompetensi, untuk itu maka komunitas ini harus terus bergerak maju untuk memperkuat kualitas WI dengan memanfaatkan sharing pengalaman dan ilmu antar anggota dengan jaringan yang tersebar luas di seluruh Indonesia.” ujar M. Taufiq.

Dalam kesempatan tersebut, Taufiq juga mengatakan bahwa kegiatan CoP ini merupakan langkah awal bagi para WI dalam meningkatkan kapabilitasnya. Taufiq mengingatkan bahwa para WI harus dapat beradaptasi dengan kondisi yang ada. Nantinya produk-produk digital (web, blog, video) WI ini akan menjadi salah satu yang masuk dalam kriteria penilaian kinerja dan akan dipublish melalui platform yang sedang dipersiapkan.

Forum CoP ini dihadiri pula oleh Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Bidang Pengembangan Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara, Dr. Muhammad Aswad, M.Si., Ketua Umum Pengurus Pusat IWI Periode 2019-2023, Dr. Boediarso Teguh Widodo, M.E, Dr. Hironymus Ghodang, M.Pd, Widyaiswara Madya BPSDM Prov. Sumatera Utara selaku narasumber, dan 281 Widyaiswara dari seluruh Indonesia.